Logo kotaperwira.com

Yoga Prabowo, Pembatik Muda Purbalingga Yang Penuh Inovasi

Purbalingga – Pembatik termuda asal Purbalingga sekaligus Owner Batik Tirta Mas kini telah mengibarkan sayapnya mulai dari lingkungan Purbalingga, nasional hingga ke mancanegara, tentu saja diperlukan perjuangan dan pengorbanan yang sangat luar biasa.

Yoga Prabowo, pembatik termuda ini mulai meniti karir nya sebagai penjaga outlet batik di Bali, seiring waktu berjalan Bali mengalami krisis setelah kejadian Bom Bali beberapa tahun lalu, maka dari itu Yoga Prabowo berinisiatif untuk membuat Batik di Purbalingga, “Saat itu saya bingung bagaimana mempromosikannya, maka saya hubungi teman saya di Semarang untuk titip Batik Purbalingga, lalu seminggu kemudian dapat pesanan dan ternyata yang pesan adalah orang dari Disperindag Semarang.” ungkap Yoga, saat ditemui di Perumahan Selabaya, Purbalingga, Minggu (16/10).

Batik Tirta Mas mulai dilirik oleh banyak kalangan khususnya di Disperindag Provinsi Jawa Tengah, Indra Hanafi dan Mukti Sarjono (Disperindag Tekstil) sedangkan dari Staff Kementerian Perindustrian & Perdagangan, Tobing yang tertarik dengan produk Batik Tirta Mas lalu sambil mengatakan, “Kalau produk ini bisa dipasarkan ke luar negri sangat bagus,” hanya saja Yoga tidak menyanggupi karena persyaratanya adalah kwantitasnya harus banyak, namun Yoga tidak putus asa dan terus berkarya.

Perhatian dari Pemkab Purbalingga

Batik Tirta Mas mendapat perhatian dari Pemkab Purbalingga, “Saat itu ada kunjungan kerja dari Pemprov ke Pemkab Purbalingga, dan saat kunjungan kerja Pemprov menggunakan batik buatan saya yang dibelinya di Semarang lalu beliau meminta oleh-oleh batik yang coraknya seperti Batik yang dipakainya saat itu. Lalu saya bawakan Batik Tirta Mas sebanyak satu kodi, dan yang tersisa hanya 4, lalu keempat batik buatan saya dipinta oleh Bpk Triyono (saat itu Bupati Purbalingga), dan dia bilang tinggal saja batiknya biar nanti ajudan saya yang ke rumah.

Kedatangan tamu dari tingkat Provinsi ternyata membuahkan hasil yang maksimal sehingga akhirnya Batik Tirta Mas mendapat perhatian dari Pemkab Purbalingga. Dan sejak kejadian tersebut maka dipanggilah seluruh Dinas yang berkaitan untuk bisa membantu dan mengembangkan Batik Tirta Mas dari Purbalingga. “Kenapa ada potensi seperti ini tidak ada yang tahu,” kata Yoga menirukan ucapan Bpk Triyono. Hingga akhirnya Batik Tirta Mas mendapat dukungan dari Pemda berupa dukungan Promosi.

Kesempatan Menjadi Juri

Pembatik asal Purbalingga ini lagi-lagi diuntungkan dengan keberhasilanya menjadi pembatik, Yoga Prabowo menjadi juri dan melatih membatik untuk Lomba Batik se-Bakorlin III (Karisidenan Pekalongan dan Banyumas) tingkat SMA pada Agustus 2008 di Hotel Kencana. “Saya ditunjuk langsung oleh Ibu Triyono untuk menjadi Ketua Batik Purbalingga.

Pada 12-18 September 2011 Yoga mendapat kesempatan untuk melatih di Bandung dan kegiatan ini berlanjut hingga Desember 2011 nanti.

Pada 29 Oktober 2011 Yoga mendapat kesempatan untuk menjadi Juri pada kegiatan Pemilihan Putra Putri Batik Purbalingga untuk memperebutkan Trophy Bupati Purbalingga dan pesertanya se Barlingmascakeb, hingga nantinya sang juara akan menjadi duta promosi.

Biodata
Nama : Yoga Prabowo
Tempat Tanggal Lahir : Purbalingga, 25 Oktober 1977
Istri : Erni Rafiqoh (35 th)
Anak : Lathif (6 th), Wildan (5 th)
Alamat Home Industri : Perum Selabaya Indah, JL. Mangga II Blok Y-5 Purbalingga 53371
Email : tirtamasbatik@yahoo.co.id
Prestasi Yang Diraih
- Pemuda Pelopor Bidang Seni Budaya dan Pariwisata Tingkat Kabupaten Purbalingga, pada 1 Agustus 2009.
- Sebagai Nara Sumber dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Pelatihan Batik Training of Trainer (TOT), pada 3 -4 Juli 2010.
- Mendapat Penghargaan dari Kemendagri Badan Pengembangan Exp[ort Nasional, Balai Pendidikan dan Pelatihan Export Indonesia, Pelatihan Strategi Pemasaran Export ke Cina, pada 12 – 14 April 2011 di Banyumas.
- Badan Penanaman Modal Daerah Provinsi Jawa Tengah, Pelatihan Pengembangan Ekonomi Lobal (PEL), pada 24 Maret 2011.
- Depo Pelita Banyumas Fair 2009, pada 16 – 26 April 2009
- Jambore Batik Warna Alam Nusantara 2011, Menjadi Keanggotaan FKBWA (Forum Komunikasi Batik Warna Alam Jateng).

Tags: , , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42