Logo kotaperwira.com

Yayasan Permata Sari Gelar Operasi Bibir Sumbing di RS Nirmala

PURBALINGGA – Salah seorang bocah peserta operasi bibir sumbing hampir saja tak tertolong nyawanya. Seluruh tubuhnya membiru, yang membuat panik tim dokter bedah plastik yang didatangkan langsung dari Semarang dan Jakarta itu.

“Ternyata peserta itu yang seharusnya puasa sejak jam 3 pagi tadi, malah dikasih minum sama ibunya. Meskipun sedikit, pemberian minuman atau makanan sebelum operasi bisa berakibat fatal,” jelas Pemilik Yayasan Permata Sari Semarang, Endang Sri Sarastri, donatur Operasi Sumbing Bibir dan Langit-langit yang diselenggarakan di RS Nirmala, Purbalingga (Jateng), Sabtu (1/12/2012).

Endang mengatakan, peserta atau keluarganya harus jujur dengan keadaan pasien yang sebenarnya. Mulai dari usia, Hb dan ketaatan puasa. Pihaknya pernah beberapa kali menemui kasus perdarahan hebat akibat kebohongan peserta atau pihak keluarganya.

“Kalau ibu yang memberikan minum tadi bilangnya ke saya karena nggak tega, kasihan anaknya kehausan. Tapi lebih kasihan kalau anaknya tak tertolong kan? Nyawa yang sudah melayang kan tidak dapat kembali lagi?” tegasnya.

Operasi Sumbing Bibir dan Langit-langit yang menjadi salah satu rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi Purbalingga ke-182 ini, diikuti 22 pendaftar mulai dari bayi 2,5 bulan hingga nenek 53 tahun. Dari 22 pendaftar, hanya 18 peserta yang berhasil dioperasi. Ketiga pasien yang gagal atau tidak diperbolehkan operasi antara lain karena Hb-nya terlalu rendah (6,5), keadaan umum (KU) yang buruk dan usia belum memenuhi syarat.

“Ada beberapa persyaratan untuk bisa operasi. Untuk operasi sumbing pada langit-langit, usia minimal 3 bulan dan maksimal 11 tahun. Ada juga yang tadi gagal operasi untuk bagian gusinya karena masih terlalu muda, harus nunggu usia 8 tahun,” jelas Kasubbid Kesehatan Dasar dan Institusi Dinas Kesehatan, dr Retno Sri Haswati.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42