Logo kotaperwira.com

Warga Puri Babakan Kembangkan Masjid Assalam

KALIMANAH – Warga Perumahan Puri Babakan Kecamatan Kalimanah akan membangun masjid baru menggantikan masjid lama yang sudah tidak mampu menampung jemaah. Masjid baru akan dibangun dua lantai dengan luas bangunan keseluruhan 600 m2. Rencana anggaran pembangunan yang dibutuhkan mencapai Rp. 1,2 milyar.

“Pembangunan akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama akan membangun lantai satu, berikut pengerjaan dak untuk persiapan bangunan lantai dua. Dana yang dibutuhkan mencapai Rp. 300 juta,” kata ketua panitia pengembangan masjid Assalam, Sipar Martadimeja SH disela-sela kegiatan kerja bhakti pembongkaran masjid Assalam, Senin (23/1).

Kegiatan kerja bhakti dilaksanakan memanfaatkan dua hari libur Minggu-Senin (22-23/1), diikuti seluruh warga RW 8 Perumahan Puri Babakan. Kegiatan itu, lanjut Sipar, dimaksudkan untuk penyiapan lokasi pembangunan masjid baru yang akan dimulai awal Februari 2012. “Peletakan batu pertama rencananya dilaksanakan 5 Februari,” katanya.

Menurut Sipar, wacana pengembangan masjid Assalam makin menguat menyusul bertambah banyaknya warga di komplek perumahan itu. Sehingga masjid yang dibangun tahun 2001, tak lagi mampu menampung jemaah khususnya saat jum’atan dan taraweh di bulan ramadhan. Kepanitiaan yang dibentuk sejak awal 2011, langsung menghimpun dana pembangunan dari masyarakat melalui pembentukan donator tetap, donator luar wilayah dan penyebaran kupon donasi.

“Hingga Desember, kami telah menghimpun donasi warga mencapai Rp. 150 juta. Untuk mencukupi dana pembangunan tahap pertama, kami kembali meminta komitmen warga perumahan untuk menjadi donator tetap tahap kedua. Termasuk mengusahakan dana talangan dari lembaga keuangan,” katanya.

Dia menambahkan,pekerjaan pengembangan masjid tahap pertama diharapkan selesai dalam kurun waktu tiga bulan. Sehingga pada akhir April, lantai satu masjid yang baru sudah bisa digunakan kembali untuk ibadah. “Mudah-mudahan ada kemudahan dalam menghimpun dana. Sehingga setelah pembangunan tahap pertama selesai bisa langsung dilanjutkan pembangunan tahap kedua yakni mengerjakan lantai dua dan kubah masjid,” pungkasnya.

Tags: ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42