Logo kotaperwira.com

Warga Jateng Selatan Dihimbau Waspadai Puting Beliung

Cilacap – Stasiun Meteorologi Cilacap mengimbau warga di wilayah Jawa Tengah bagian selatan untuk mewaspadai terjadinya angin puting beliung menjelang masa transisi dari musim hujan menuju musim kemarau.

“Masa transisi atau musim pancaroba diprakirakan mulai berlangsung pada Mei. Pada masa transisi ini, biasanya peluang terjadinya angin puting beliung cukup tinggi terutama pada akhir Mei,” kata analis cuaca Stasiun Meteorologi Cilacap Teguh Wardoyo, Rabu (27/4).

Bahkan pada masa transisi, kata dia, hujan disertai petir akan semakin berpeluang terjadi. Kendati demikian, intensitas selama masa transisi diperkirakan ringan hingga sedang.

“Hanya saja, di beberapa wilayah diprakirakan masih berpeluang hujan lebat yang datang secara tiba-tiba dan berlangsung singkat akibat pengaruh lokal. Kondisi seperti ini yang berpeluang menyebabkan terjadinya angin puting beliung,” katanya.

Meskipun demikian, dia mengatakan, musim kemarau mendatang diperkirakan berlangsung normal tanpa adanya gangguan tropis.

Dia mengakui, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih terjadi di wilayah utara Jateng selatan atau Jateng bagian tengah dalam beberapa hari terakhir, seperti di Karangpucung (Kabupaten Cilacap), Purwokerto (Kabupaten Banyumas), dan sebagian Kabupaten Purbalingga.

“Namun sebenarnya berdasarkan pantauan dan perkiraan kami, intensitas hujan di wilayah utara sudah mulai berkurang. Justru di wilayah pesisir yang masih sering terjadi hujan,” katanya.

Disinggung mengenai prakiraan cuaca di wilayah Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta, dia mengatakan, secara umum pada hari Kamis (28/4) hingga beberapa hari ke depan diprakirakan berawan sebagian hingga berawan banyak dan berpeluang terjadi hujan ringan hingga sedang yang kadang disertai petir antara sore hingga pagi hari.

Menurut dia, kondisi tersebut diprakirakan juga terjadi di wilayah perairan selatan Jateng dan DIY pada hari Kamis (28/4) hingga beberapa hari ke depan.

“Sementara untuk tinggi gelombang maksimum di wilayah perairan selatan Jateng dan DIY diprakirakan berkisar antara 1,5-2 meter dengan kecepatan angin 15-35 kilometer per jam yang bertiup dari arah timur hingga barat daya. Kondisi ini diprakirakan kondusif bagi pelayaran,” pungkas Teguh.

Antara Jateng

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42