Logo kotaperwira.com

Wakil Bupati Bangka Barat Belajar JPKM ke Purbalingga

Tertarik dengan pengelolaan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat (JPKM) di Kabupaten Purbalingga, Wakil Bupati Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung (Babel), Sukirman, sengaja datang ke Purbalingga, Kamis (31/3). Sukirman tertarik dengan strategi memberdayakan masyarakat untuk ikut JPKM tanpa mengandalkan dana APBD.

Kedatangan Sukirman beserta stafnya dari Dinas Kesehatan dan Bagian Humas & Protokol, diterima oleh Wakil Bupati Drs Sukento Ridho Marhaendrianto. Sukarman sebelumnya menerima paparan di ruang rapat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga Dr Dyah Retnani Basuki, M.Kes, dan selanjutnya dijamu Wakil Bupati Sukento di sebuah rumah makan, serta melakukan kunjungan ke Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong).

Sukirman mengatakan, Pemkab Bangka Barat mengalokasikan dana APBD sekitar Rp 8 milyar untuk program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Dengan jumlah penduduk sekitar 150 ribu, praktis program tersebut dibiayai hampir sepenuhnya oleh Pemkab.

“Setelah kami melakukan berbagi konsultasi ke Kementerian Kesehatan, kami disarankan untuk mempelajari lebih detail program JPKM di Purbalingga. Ternyata benar di Purbalingga, justru APBD bukan sebagai dana utama. Pemberdayaan dan kesadaran masyarakat di Purbalingga sangat bagus dalam menopang program JPKM,” kata Sukirman.

Sumber : Purbalinggakab

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42