Logo kotaperwira.com

UU Perkoperasian Baru, Koperasi Wajib Ubah AD/ART

PURBALINGGA – Semua koperasi yang ada saat ini wajib mengubah AD/ART. Hal ini menyusul disahkannya UU tentang Perkoperasian oleh DPR pada pertengahan Oktober lalu. UU ini menggantikan UU Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian yang telah berumur 20 tahun.

“Koperasi yang sudah berbadan hukum pun wajib mengubah anggaran dasarnya menyesuaikan UU Perkoperasian yang baru. Karena ada beberapa hal substansial yang berbeda dengan UU lama,” kata Kasi Pembinaan dan Pengembangan Koperasi pada Dinperindagkop, Endang Suciati, kemarin.

Hal yang baru itu antara lain, unit simpan pinjam yang ada dalam sebuah koperasi hendaknya berdiri sendiri sebagai sebuah koperasi. Kemudian koperasi didirikan tidak semata-mata sebagai organisasi ekonomi yang berwatak sosial melainkan mengarah ke badan usaha. Tetapi koperasi yang ada saat ini tidak perlu terburu-buru untuk melakukan perubahan AD/ART. Karena UU itu belum dilengkapi dengan peraturan pemerintah (PP) sebagai juklak dan juknisnya.

“Implementasinya masih menunggu terbitnya PP,” tutur Endang. Sementara itu sejumlah petani mendirikan prakoperasi Amanah di Desa Grantung, Kecamatan Karangmoncol, baru-baru ini. Lembaga itu diketuai Dwi Waluyono, wakil ketua H Arif Wahyudi, sekretaris Dedi Cahyono, bendahara Sentot Waluyadi, dan penasihat Hadi Sumarto.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42