Logo kotaperwira.com

Ulama Diminta Kenalkan Ekonomi Syariah

PURBALINGGA – Para ulama di kabupaten Purbalingga diminta ikut mengenalkan dan mendukung perekonomian syariah. Pasalnya, selama ini masih banyak usaha simpan pinjam dana yang masuk dalam kategori riba.

Hal itu terungkap dalam seminar sehari ekonomi syariah yang digelar Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Buana Mitra Perwira Purbalingga, di pendopo Dipokusumo, Purbalingga, Senin (7/5). Dalam seminar itu dihadirkan pemateri Prof DR H Muhamad MAg dari UIN Sunan Kalijaga Yogyarakarta.

Dihadapan puluhan ulama di Kabupaten Purbalingga Prof Dr H Muhammad MAg menjelaskan berbagai aspek pengembangan harta tanpa tersentuh riba maupun berbau judi. Muhamad menjelaskan, dalam mengembangkan harta dalam Islam antara lain tidak boleh mengeksploitasi orang lain serta tidak melakukan penimbunan barang.

Muhammad menjelaskan, saat ini banyak masyarakat yang belum menyadari tentang seluk beluk hadiah undian dan lainnya untuk peserta. Padahal, asal usul dana hadiah itu harus diketahui. Jika hadian berasal dari uang peserta, maka bisa dikategorikan masuk judi.

“Penyelesaiannya melalui penggalangan dana dari sponsor penuh yang sudah disepakati dan tidak melanggar norma. Selama bukan dari dana peserta kegiatan, undian yang bermuara pada hadiah yang diberikan bukan masuk kategori judi,” jelasnya.

Seorang peserta seminar sempat bertanya terkait hukum mengikuti arisan. Saat itu dijelaskan jika semua dana yang masuk dari kelompok sama besarnya dan hasil arisan juga sesuai jumlah yang ikut, tidak masalah.

Muhamad juga mengimbau saat ini sudah banyak lembaga seperti Baitul Mal Watamwil (BMT) yang bisa diakses oleh masyarakat. Di lembaga keuangan itu sudah menerapkan ekonomi syariah.

“Di sininah peran ulama ikut menyosialisasikan berkembangnya ekonomi syariah. Bahkan saya meminta melalui BPRS Buana Mitra Perwira Purbalingga bisa membentuk semacam kelompok yang menuju ke Masyarakat ekonomi syariah. Kami siap membantu dalam memberikan bekal ke arah itu,” ungkapnya.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42