Logo kotaperwira.com

TWP Purbasari Pancuranmas Tangkarkan Rusa Timor

PADAMARA – Taman Wisata Pendidikan (TWP) Purbasari Pancuranmas yang terletak di Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara, Purbalingga (Jateng) kini terus intensif mengembangkan penangkaran rusa timor (Cervus timorensis). Tempat penangkaran yang terletak di sisi selatan kompleks TWP itu, kini semakin dilirik wisatawan sebagai sarana pembelajaran.

“Penangkaran rusa yang kami kembangkan ini cukup berhasil. Jika tiga tahun lalu, hanya ada empat ekor, kini sudah berjumah 17 ekor, terdiri enam jantan dan 11 betina,” ujar Direktur Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuranmas, Junjung SE, Kamis (17/5/2012).

Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuranmas Tangkarkan Rusa Timor

Rusa Timor di Taman Wisata Pendidikan (TWP) Purbasari Pancuranmas

Junjung menceritakan, secara ekonomis memelihara rusa lebih menguntungkan ketimbang kambing. Pasalnya, harga rusa konsumsi seekor bisa mencapai Rp 3 juta, sednagkan kambing paling banter hanya Rp 1 juta. “Saat ini, kami belum mengarah ke komersil, namun baru sebatas penangkaran. Namun jika kelak nanti telah berkembang biak cukup banyak, kami berharap ada yang mau membudidayakannya. Pasalnya, daging rusa sangat diminati, dan menjadi menu eksklusif di hotel-hotel berbintang. Sementara saat ini masih jarang yang memelihara rusa,” ujarnya.

Rusa yang ditangkarkan di TWP Pancuranmas, kisah Junjung, merupakan sumbangan dari tentara di daerah Purworejo, yang pernah berdinas di Timor-Timur. “Dari sumbangan itu, kami lalu memohon ijin kepada Dinas Kehutanan Provinsi untuk menangkarkannya, dengan tujuan untuk wisata pendidikan. Kini, berkat penanganan yang telaten, rusa-rusa itu tumbuh baik dan bertambah populasinya,” ujarnya.

Rusa Timor merupakan salah satu rusa asli Indonesia dan termasuk satwa yang dilindungi berdasarkan Peaturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999. Rusa timor memiliki keunikan tersendiri dibanding rusa lainnya. Rusa ini diketahui memiliki banyak jenis dengan pemberian nama lokal disesuaikan dngan nama daerahnya, misalnya di Jawa dikenal dengan nama rusa Jawa, di Timor bernama rusa Timor, di Sulawesi dengan nama Jonga dan di Maluku dengan nama rusa Maluku.

Nama rusa Timor, lanjut Junjung, merupakan nama yang umum dipakai dan disepakati sebagai nama nasional. Rusa timor memiliki wilayah penyebaran di Pulau Jawa, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Maluku. Rusa Timor merupakan rusa tropis terbesar kedua dengan berat antara 40-120 kg.

Rusa dapat dimanfaatkan antara lain daging, tanduk dan kulitnya. Daging rusa banyak disukai karena berserat halus dan mengandung lemak hanya 0,33% (sapi 18,9%) dan kolesterol rendah hanya 74 mg/kg (sapi 95 mg/kg) serta memiliki rasa yang khas.

Tags: , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42