Logo kotaperwira.com

Tukar Guling Tanah di Karangreja Bermasalah, Warga Datangi Kantor Kecamatan

PURBALINGGA – Kantor Kecamatan Karangreja, kemarin (8/12) pagi, memanas. Tak kurang dari 30 orang, yang mengaku perwakilan warga Desa Karangreja, Kecamatan Karangreja, mendatangi kantor Kecamatan tersebut.

Mereka datang menggunakan kendaraan roda dua secara bergelombang dari Desa Karangreja ke aula Kantor Kecamatan Karangreja. Mereka meminta Camat berdialog dan memfasilitasi pertemuan antara Pemerintah Desa Karangreja dengan warga. Itu untuk membicarakan kasus tukar guling lapangan desa pada tahun 2009.

Terjadi ketegangan, ketika secara sepihak Camat Karangreja, Edi Santosa memindah lokasi pertemuan dengan warga ke Balai Desa Karangreja. Warga yang sudah datang ke Aula Kantor Kecamatan Karangreja menolak rencana tersebut.

Sempat terjadi tarik ulur antara warga dan camat. Kemudian, camat menjelaskan bila Pemerintah Kecamatan Karangreja atas instruksi dari Pemerintah Kabupaten Purbalingga terpaksa memindah lokasi pertemuan.

Pasalnya, persoalan yang akan dibicarakan adalah permasalahan desa, jadi harus diselesaikan di tingkat desa. Namun, camat akhirnya angkat tangan dan mengikuti kemauan warga agar pertemuan tetap digelar di aula kecamatan.

Perwakilan warga Desa Karangreja, Rakum menyatakan, warga meminta kepada camat untuk memfasilitasi pertemuan antara warga dengan panitia tukar guling tanah desa dan kepala desa.

“Kami minta camat mengundang secara resmi panitia tukar guling tanah desa dan kepala desa. Mereka harus menjelaskan proses tukar guling lapangan desa kepada kami. Sebab, kami melihat ada yang tidak wajar dalam proses tukar guling tersebut,” jelasnya.

Dia menegaskan, yang terjadi selama ini terbilang bukan proses tukar guling tetapi jual beli tanah desa. Sebab, lapangan desa yang dijadikan objek tukar guling, ternyata dijual kepada warga. Sedangkan tanah pengganti bukan membeli tanah baru, tetapi menggunakan tanah milik pemerintah desa.

“Bupati pada saat itu, mengabulkan proses tukar guling karena ada pemalsuan data dari bawah. Ini harus dijelaskan oleh panitia tukar guling tanah desa dan kepala desa kepada warga. Selama ini tidak pernah ada penjelasan dari kepala desa kepada kami. Kami sudah meminta beberapa kali ternyata tidak pernah terealisasi,” imbuh perwakilan warga lainnya, Sampin Basuki.

Menanggapi tuntutan warga tersebut, Camat Karangreja, Edi Santosa mengaku akan mengkonsultasikan hal itu kepada Pemerintah Kabupaten Purbalingga. Warga yang sudah kesal meminta hal itu dilakukan secepatnya.

Sementara itu, pemerintah desa Karangreja, belum bisa dikonfirmasi terkait hal itu. Mereka juga menolak undangan lisan Camat untuk datang ke Kantor Kecamatan Karangreja. Kepala desa juga tidak bisa ditemui di kantornya.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42