Logo kotaperwira.com

Triyono Budi Sasongko Unggul dalam Survei Cagub Jateng Versi IPS

PURBALINGGA – Nama Bupati Purbalingga dua periode 2005-2010, Triyono Budi Sasongko secara mengejutkan dengan muncul pada peringkat pertama hasil survei calon Gubernur Jateng versi Indonesia Politic Survey (IPS). Nama Triyono BS yang kini menduduki jabatan eselon I di Kemendagri bahkan mengalahkan popularitas Gubernur Jateng saat ini, Bibit Waluyo dan Wagub Rustriningsih.

Sepak terjang Triyono BS saat menjabat bupati di Purbalingga memang patut diperhitungkan. Saat menjabat, ia sering keluar masuk kampung hingga pelosok, layaknya seperti Jokowi yang saat ini menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Hanya saja, nama Triyono BS belum mencuat seperti Jokowi. Bahkan, Triyono BS dan Jokowi pernah sama-sama menjadi tokoh pilihan pada sebuah majalah berita mingguan bergengsi terbitan Jakarta saat keduanya menjadi Bupati dan walikota.

Atas hasil survei tersebut, Triyono BS yang dihubungi melalui telepon dengan kalem menyatakan, dirinya tidak berambisi untuk merebut posisi kursi gubernur Jateng periode 2013 – 2018.

“Jika nama saya masuk dalam posisi pertama, saya menyampaikan rasa syukur, berarti kinerja saya selama menjabat bupati di Purbalingga, dinilai positif oleh masyarakat. Namun, saya tidak berpikir jauh untuk berkompetisi dalam perebutan kursi Gubernur Jateng,” katanya.

Ia yang saat ini berstatus PNS akan berkonsentrasi atas tugas yang diberikan oleh Mendagri untuk mengurusi wilayah perbatasan. “Saya pensiun masih sekitar 4,5 tahun lagi, saya akan berkonsentrasi dengan tugas yang diberikan khususnya untuk mengatasi pemberdayaan wilayah perbatsan.”

Ia mengungkapkan, saat menghadiri rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR RI, usai forum resmi sempat ditanyakan oleh sejumlah anggota DPR RI dari PDI Perjuangan. Triyono didorong untuk maju sebagai calon gubernur karena dinilai mampu membawa kemajuan di Kabupaten Purbalingga.

“Sekitar 4 bulan lalu, saya sempat ditanya oleh Budiman Sudjatmiko (anggota DPR RI), kenapa tidak maju menjadi calon gubernur? Saya jawab, akan konsentrasi dengan tugas-tugas yang diberikan saat ini,” katanya.

Sementara itu hasil survei IPS menyebutkan Triyono BS meraih posisi teratas dengan persentase suara 22,3 persen. Kemudian secara urut pada posisi selanjutnya Cahyo Kumolo (19,7%), Budiman Sudjatmiko (15,3%), Ganjar Pranowo (10,4%), Rustriningsih (10,3%), Bibit Waluyo (9,3%), Siti Fatimah (5,3%), Sumaryoto (4,6%), dan Don Murdono(1,5%).

Survei dilakukan selama dua pekan sejak 17 September 2012 hingga 27 September 2012. Survei dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, tanya jawab, dan tim survei ke 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah Total ada sekitar 5.677 responden dari berbagai kalangan yang terlibat, dengan tingkat kepercayaan 95% dan Margin error +/-2,5%.

Hasil survei tersebut juga mencatat, banyak responden yang kecewa dengan kinerja incumbent selama memimpin Jawa Tengah. Dari temuan survey juga ditemukan 2 tokoh muda yaitu Budiman Sudjatmiko dan Ganjar Pranowo cukup mempunyai elaktilitas yang tinggi sebagai tokoh muda dan baru di Jawa Tengah. Tentu saja survey ini bisa menjadi masukan bagi PDIP untuk bisa kembali memenangkan Pilkada Jawa Tengah pada tahun 2013.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42