Logo kotaperwira.com

Trisnanto Srihutomo, Ketua Kwarcab Purbalingga 2012–2016

PURBALINGGATrisnanto Srihutomo SPd terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Kab Purbalingga periode 2012 – 2016, menggantikan Drs Subeno MM. Dalam Muscab Gerakan Pramuka Kwarcab Purbalingga 2011 di Bumi Perkemahan Munjulluhur Desa Karangbanjar Kecamatan Bojongsari Rabu (21/12), tidak ada kandidat lain sebagai kompetitor mantan Wakil Ketua Bidang Binawasa ini.

“Pesertanya sebanyak 90 orang, perwakilan dari 18 kecamatan, semua satu suara, memilih secara aklamasi Kak Trisnanto Srihutomo,” jelas Ali Sudharmo SPd, aktivis Pramuka yang pada masa bhakti 2007–2011 menjabat sebagai Wakil Ketua Organisasi dan Hukum Kwarcab.

Drs Subeno MM yang dikenal sebagai mantan Sekda Purbalingga, telah merampungkan amanahnya sebagai Ketua Kwarcab selama 5 tahun. Dalam laporan tertulisnya, Subeno menyampaikan beberapa hasil evaluasi selama kepemimpinannya.

Persoalan mencakup kurang mencukupinya jumlah Pembina Pramuka yang baru, kurang aktifnya peran kwartir ranting yang meliputi wilayah kecamatan, dan minimnya pembinaan saka. Keterbatasan dana juga menjadi momok yang mengakibatkan ada beberapa kegiatan amanah Muscab tahun 2006 yang belum terealisasi.

“Yang tidak kalah penting, perlunya peningkatan dan keseriusan pelaporan kegiatan yang terpadu, efektif dan efisien. Data potensi Kwarcab belum akurat karena belum menggambarkan jumlah anggota pramuka yang sebenarnya,” jelasnya.

Sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab), Bupati Drs H Heru Sudjatmoko mengaku bangga Kwarcab Purbalingga selalu masuk dalam 10 besar di Kwarda Jawa Tengah. Meski tak selalu juara 1, setelah mengikuti berbagai kegiatan di tingkat Kwarda maupun Kwarnas, Kwarcab Purbalingga selalu pulang dengan membawa keberhasilan.

“Itu sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya selaku kamabicab. Tentunya, saya sangat berharap prestasi ini terus ditingkatkan, ini yang saya pesankan bagi ketua dan pengurus yang baru,” pintanya.

Acara Muscab berlangsung lebih singkat dari yang dijadwalkan. Di jadwal yang dibagikan kepada setiap peserta, Muscab baru berakhir pukul 18.00 WIB. Tapi dalam realisasinya, pukul 15.00 WIB Upacara Penutupan usai dilaksanakan. Menurut Ali Sudharmo, acara tidak sengaja dipadatkan tapi memang berlangsung cepat karena sebagian besar peserta Muscab lebih banyak menyetujui semua draft usulan. “Tidak dipercepat, tapi karena memang sudah selesai,” jelasnya.

Tak Muluk-muluk

Dalam sambutannya, Trisnanto tidak berjanji muluk muluk seperti politisi. Namun mengharapkan dukungan semua pihak untuk mengembalikan Gerakan Pramuka sebagai pilar pemersatu bangsa yang mengutamakan implementasi nilai karakter bangsa yang sekarang cenderung menipis.

Terpilihnya Trisnanto mendapatkan dukungan dan optimisme di kalangan anggota Pramuka, karena sosok nya yang sangat low profile dan mendarah daging dalam bidang Pramuka. Jabatan sebelumnya sebagai Wakil Ketua Bidang Binawasa serta puluhan tahun memajukan Gerakan Pramuka sehingga pernah meraih lencana Melati dari Ketua Kwartir nasional , karena pengabdiannya semakin meyakinkan . Hubungan dengan Birokrasipun tidak menjadi kendala karena yang bersangkutan sangat aktif di berbagai kegiatan sebelumnya.

Sesuai amanat Musyawarah Cabang, Ketua terpilih bersama formatur diberi kesempatan selambat-lambatnya satu bulan guna menyusun kelengkapan organisasi untuk kemudian diserahkan ke Kwartir Daerah guna mendapatan pengesahan.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42