Logo kotaperwira.com

TNI Berencana Buka Jalan Baru Antara Karangjambu-Ponjen

PURBALINGGA – TNI berencana membuka jalan baru sepanjang 5,6 Kilometer, pada pelaksanaan Karya Bakti TNI 2012. Jalan tersebut menghubungkan Desa Karangjambu, Kecamatan Karangjambu dan Desa Ponjen, Kecamatan Karanganyar. Sekarang, jalan tersebut masih berupa areal hutan dan sebagian tanah di jalur tersebut masih milik warga. Jika berhasil dibuka akan mendukung perekonomian warga dan mendukung aktifitas pengambilan getah pinus.

Kepala Bappeda Purbalingga Ir Setiyadi MSi mengatakan, pada tahap pertama, TNI akan membuka jalur sepanjang 2.000 meter dengan lebar 7 meter dan saluran air 0,7 meter di tepi jalan. Pada tahap selanjutnya tahun 2013 akan dilanjutkan pembukaan jalan sepanjang 2 km, kemudian tahap III sepanjang 1,6 km, tahap IV pembuatan gorong-gorong 6 buah dan lima buah jembatan. Sedang tahap V akan dilakukan pengerasan jalan sepanjang 5,6 kilometer dengan lebar 7 m.

“Pembukaan jalan baru ini untuk mewujudkan mimpi warga masyarakat di dua desa tersebut. Namun, pelaksanaannya tidak bisa dilakukan dalam satu dua tahun, namun bertahap sesuai dengan kemampuan Pemkab,” jelasnya.

Terlebih, terdapat kendala yang masih harus diselesaikan. Yakni status tanah milik Perum perhutani yang masih proses perijinan. Kemudian, kondisi geografis jalur yang berbukit curam.

“Tahap kedepan tentunya jalan tersebut harus bisa dilewati kendaraan roda empat, sehingga kemiringan bukit yang lebih dari 45 derajat harus dihindari atau dikepras. Dan juga harus diperhitungan untuk tidak merusak pohon di hutan,” kata dia.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42