Logo kotaperwira.com

Tiap Hari, 2 Ton Stroberi di Desa Serang Diserbu Wisatawan

KARANGREJA – Para petani stroberi di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga mereguk untung selama libur Lebaran. Paling tidak dalam sehari 2 ton stroberi ludes diserbu wisatawan.

Salah satu petani, Supardi mengatakan, dalam sehari, stroberi di lahan seluas setengah hektare miliknya habis dibeli oleh pengunjung. Mereka rata-rata membeli dengan sistem petik sendiri.

“Dua hari sekali panen. Lumayan meskipun hasil panennya berkurang dibanding tahun lalu. Ini karena hujannya sedikit. Jadi untuk menyirami tanaman kami mengambil air dari sumber mata air menggunakan selang,” katanya, Rabu (22/8).

Sekedar informasi, harga sekilo stroberi berkisar antara Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu. Untuk sistem petik sendiri, para pengunjung dikenakan biaya Rp 15 ribu. Mereka akan dibawa ke kebun milik petani dan dipersilahkan menikmati stroberi sepuasnya.

Sementara itu, Ketua Pengelola Desa Wisata Serang, Joko Purnomo mengatakan, moment libur Lebaran kali ini bertepatan dengan panen stroberi. Sejak hari pertama Lebaran pengunjung yang datang ke Desa Wisata Serang mencapai 5 ribu orang. “Dua hari terakhir, jumlah pengunjung menunjukkan grafik positif. Diperkirakan puncaknya pada Minggu (26/8),” katanya.

Menyikapi hal tersebut, ia menjamin stok stroberi aman hingga masa berakhir libur Lebaran. “Jadi kami pastikan para pengunjung tidak akan kehabisan stok. Sebab hampir 50 persen warga Serang merupakan petani stroberi,” tandasnya.

Tags: ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42