Logo kotaperwira.com

Tari dan Silat Meriahkan Peringatan Sumpah Pemuda di Purbalingga

PURBALINGGA – Sebanyak 75 penari dan 250 pendekar silat akan memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-84 tingkat Provinsi Jawa Tengah. Peringatan yang akan dihadiri Gubernur Jateng Bibit Waluyo dipusatkan di alun-alun Purbalingga, Minggu (28/10).

Seksi publikasi panitia Sumpah Pemuda ke-84, Ir Prayitno MSi mengatakan, tarian Lenggasor akan ditampilkan usai upacara peringatan Sumpah Pemuda setelah penampilan peragaan pencak silat Merpati Putih yang diikuti 250 orang. “Atraksi lainnya yang ditampilkan juga ada rampak kentongan dengan jumlah pemain 150 orang,” kata Prayitno, Sabtu (27/10)

Tarian Lenggasor, jelas Prayitno,merupakan tarian baru bergaya Banyumasan karya pekerja seni tari dari Purbalingga. Tarian ini diciptakan oleh Susi Hanan Fadillah yang juga pemilik Sanggar tari Wisanggeni Purbalingga.

Lenggasor merupakan pengembangan dari gerakan-gerakan tari pertunjukan rakyat yang telah berkembang sejak lama di Purbalingga. “Tarian ini terdiri dari dua segmen. Pertama yang menggambarkan ungkapan syukur karena panen padinya berhasil dan diakhiri dengan tari gagahan tanda masa panen raya telah berakhir dan para petani siap kembali menggarap sawahnya,” katanya.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42