Logo kotaperwira.com

Target Kepesertaan KB MOW Purbalingga Baru 38 Persen

Purbalingga – Perkiraan Permintaan Masyarakat (PPM) atau target kepesertaan KB MOW sampai awal bulan Mei ini baru tercapai 477 peserta atau baru 38,72% dari PPM yang ditetapkan provinsi Jawa Tengah untuk Purbalingga 1.232 peserta.

Realisasi tertinggi dicapai kecamatan Purbalingga yakni 176 peserta MOW baru atau setara 266% dari PPM, sedangkan terendah kecamatan Kejobong hanya 3 orang atau 4,7% dari PPM.

Padahal untuk pelayanan MOW, pemkab Purbalingga sudah menambah waktu maupun tempat pelayanan. Sebelumnya pelayanan KB MOW hanya dilayani di RSUD dr Goeteng Tarunadibrata pada hari Selasa, Rabu dan Kamis. Namun saat ini pemkab menambah pelayanan MOW di Rumah Bersalin Panti Nugroho setiap Sabtu.

Meski sudah menambah tempat dan waktu pelayanan, namun pada kenyataannya kepesertaan KB MOW masih jauh dari harapan.

Kasubid Pembinaan Keluarga Berencana pada Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Purbalingga Diyono membenarkan prosentase capaian MOW masih sangat kurang. Untuk itu, pihaknya berencana menggelar KB MOW masal.

“Saat ini baru dalam tahap koordinasi dengan dr Fritzh dari Mabes TNI AU, sebagai dokter yang mengkoordinir tim RSU AU Atang Sanjaya. Rencananya pelaksanaan KB MOW Masal ini dibarengkan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas),” katanya.

Dari data di BKBPP Purbalingga, target peserta KB tahun 2011 ini untuk IUD 1.678, baru terealisasi 572 peserta, MOP target 710 terealisasi 215, Implan 2.818 terealisasi 1.399, Suntik 13.506 terealisasi 4.460, Pil 3.432 realisasi 1.258 dan kondom 3.160 terealisasi baru 684 peserta.

Purbalinggakab

Tags: , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42