Logo kotaperwira.com

Tahun 2013, Purbalingga Gelar Pilkades Serentak di 152 Desa

PURBALINGGA – Pada tahun 2013 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak untuk 152 desa di 18 wilayah kecamatan. Pilkades serentak itu meliputi 149 desa yang kadesnya habis masa bhaktinya dan 3 desa lainnya mengalami kekosongan karena meninggal dunia dan habis masa bhaktinya pada 2012.

“Itulah pentingnya sosialisasi untuk membekali Badan Perwakilan Desa (BPD), Kades dan pejabat kades atas rencana pelaksanaan Pilkades serentak pada 2013, sehingga diperoleh kesamaan langkah dan dapat terlaksana sukses,” kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Imam Hadi disela-sela pelaksanaan Sosialisasi di Pendapa Dipokusumo, Senin (3/12/2012).

Sosialisasi diikuti 446 peserta terdiri dari para pejabat kabupaten, Muspika dan para ketua BPD, Kades dan penjabat kades di 152 desa pelaksana pilkades.

Ketua DPRD Tasdi, meminta pelaksanaan Pilkades serentak pada 2013 dapat dilaksanakan secara aman dan sukses. Menurutnya, sedikitnya ada lima indikator sukses. Meliputi sukses secara yuridis, dimana ada pemahaman aturan hukum yang ada oleh penyelenggara, calon kades dan masyarakat.

Dia mengingatkan, untuk pelaksanaan Pilkades mendatang masih berpedoman pada Peraturan Daerah No 7/2006 tentang pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian Kepala Desa beserta petunjuk teknis dari Kemendagri sebagai pembina otonomi daerah.

“Kalau masih ada masyarakat yang keberatan dapat menyampaikan judicial review ke Mahkamah Konstitusi,” jelas Tasdi.

Pilkades dikatakan sukses, lanjut Tasdi, juga dilihat dari aspek teknis, partisipatif, sosiologis, administratif dan sekuriti. Menyangkut aspirasi dari desa, soal penambahan bantuan pelaksanaan Pilkades, dia berjanji akan membicarakannya dengan Bupati.

“Saat ini dewan tengah membahas APBD 2013. Mudah-mudahan ada penambahan (bantuan pilkades),” janjinya.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42