Logo kotaperwira.com

Syarat Melamar CPNS, Loket Pembuatan SKCK Polres Purbalingga Ramai

PURBALINGGA – Sampai saat ini minat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di kabupaten Purbalingga masih sangat tinggi. Profesi itu tetap menjadi rebutan. Usai berhembus informasi rekruitmen CPNS di pusat maupun provinsi, loket pembuatan SKCK Polres Purbalingga nampak penuh. Tak sampai dua minggu, sudah sekitar 600 orang lebih mengurus SKCK sebagai syarat melamar CPNS di sejumlah institusi provinsi dan pusat.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertran) Purbalingga, Ngudiarto SH mengatakan, keinginan menjadi PNS itu memang tak bisa dibendung atau disalahkan. Bahkan ada jugamasyarakat yang sudah bekerja di swasta berpindah mendaftar PNS di salah satu instansi.

“Profesi PNS masih diinginkan dan menjadi tujuan utama pencari kerja karena dinilai masa depannya terpenuhi dan terjamin. Lebih menjanjikan dan tidak takut dirumahkan asalkan tidak terkena kasus hukum,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengakui, data pengangguran yang ada di dinas memang hanya terbatas pada pencatatan kartu pencari kerja. Sejak awal tahun ini sampai pertengahan Juli masih ada sekitar 4.604 yang belum bekerja atau masih menganggur. Namun jumlah sebenarnya bisa sangat banyak dan pihaknya kesulitan mendatanya.

Pihaknya menghimbau, mencari pekerjaan tidak harus menjadi PNS. Namun bisa menjadi wiraswasta yang menghasilakn tenaga kerja lainnya. Apalagi formasi PNS jelas sangat dibatasi oleh aturan dan alokasi anggaran pemerintah.

Ayu, salah satu pemohon SKCK mengaku akan mencoba peruntungan menjadi PNS di Kementerian Keuangan dan beberapa rekan lainnya di Kemenkum dan HAM dan lainnya. Bahkan beberapa dari pemohon SKCK itu ternyata sudah bekerja di sektor swasta.

Data dari Satuan Intelkam Polres Purbalingga, rata-rata pemohon SKCK memang untuk lampiran mendaftar CPNS di sejumlah lembaga pemerintahpusat maupun provinsi. Dalam sehari bisa mencapai lebih kurang 30 pemohon.

Tags: , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42