Logo kotaperwira.com

Sumber Air PDAM Mulai Surut

Berpotensi Ganggu Pasokan ke Pelanggan

PURBALINGGA – Debit air di sejumlah lokasi yang dijadikan sumber air milik PDAM Purbalingga mulai mengalami penurunan. Penurunan debit air di musim kemarau ini mencapai 50 persen dari debit normal. Penurunan debit ini diperkirakan karena kemarau yang mulai melanda Purbalingga sejak beberapa bulan terakhir.

Direktur PDAM Purbalingga Drs Hardi Wibowo MSi menjelaskan, penurunan debit air itu menyebabkan aliran air bersih di sejumlah titik pelanggan menjadi tidak lancar. Misalnya, di komplek Perumahan Bojanegara, kecamatan Padamara sempat mati beberapa jam pada Senin (13/8) malam kemarin.

“Saat itu selain debit turun dari Tuk Mulang, juga ada kebocoran pipa. Jadi setelah dicek dan diperbaiki, bisa normal kembali,” ujarnya, Selasa (14/8).

Hardi menambahkan, penurunan debit antara lain terjadi di Tuk Mulang desa Karanggambas (Padamara). Sumber air itu selama ini mengaliri pelanggan di wilayah Padamara dan Kalimanah. Sumber mata air Mulang dimanfaatkan PDAM untuk melayani pelanggan dari wilayah Padamara, Bojanegara, Terminal Purbalingga, Kalimanah hingga Jompo.

Lebih lanjut dikatakan, penurunan debit air juga dirasakan pelanggan di wilayah kecamatan Rembang. Karena pelanggan di daerah ini dilayani oleh sumber air dari Sungai Bodas. “Dari debit air normal 13 liter per detik, saat ini hanya 5 liter per detik,” tambahnya.

Pihaknya meminta pelanggan untuk tetap tenang. Karena PDAM masih berupaya mencari sumber air untuk memasok sumber air yang mengalami penurunan debit. Prinsipnya tetap dilakukan pembenahan dan tidak sampai kekeringan.

Pada kesempatan yang sama, Hardi juga mengatakan, tetap melayani wilayah krisis air bersih kemarau ini. Selain yang sudah ada dijadwal, permintaan insidental juga dilayani. Bahkan saat lebaran, pelayanan droping air bersih tetap dilakukan.

“Setidaknya ada 4 unit armada tangki yang siap melayani masyarakat di hari libur lebaran mendatang,” katanya.

Sejumlah masyarakat berharap, PDAM segera menempuh langkah yang taktis untuk menjaga pasokan air bersih saat libur lebaran tetap aman. Pasalnya, pada saat itu, pengguna air bersih bertambah karena banyaknya warga yang mudik.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42