Logo kotaperwira.com

Sulit, Pendataan Warga Dipasung di Purbalingga

PURBALINGGA – Dinsosnakertrans menemui kesulitan untuk melakukan pendataan warga yang dipasung di Purbalingga. Pasalnya, belum ada laporan terkait jumlah warga yang masih dipasung di Purbalingga.

“Kami belum ada laporan dari bawah,” kata Kabid Sosial Bambang Kadarisman, Selasa (17/4).

Laporan ini jika ada maka akan diteruskan ke Dinas Sosial Provinsi terkait dengan program Jawa Tengah Bebas Pasung 2012. Namun ternyata pihaknya belum mendapatkan petunjuk teknis mengenai pelaksanaannya. Sehingga pihaknya bersikap pasif.

“Yang dilaporkan ke provinsi adalah warga yang dipasung tetapi yang belum pernah mendapatkan upaya pengobatan sebelumnya. Jadi ini tidak berlaku bagi warga yang dipasung karena suka mengamuk karena obat dari dokter habis. Ini yang membuat kami kesulitan mencari orangnya,” ujarnya.

Menurut Bambang, rata-rata pednerita gangguan jiwa di Purbalingga sudah pernah dibawa berobat. Baik ke bangsal jiwa di RSU Banyumas, RSJ Magelang maupun RSJ Semarang. Sehingga mereka tidak masuk kriteria dari provinsi.

Karena tidak ada petunjuk teknis mengenai program ini, Bambang tidak melakukan jemput bola. Laporan mengenai warga yang dipasung mengandalkan informasi dari tenaga kerja sosial (TKS).

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42