Logo kotaperwira.com

Sosialisasi Layanan “Surat Maya” di Lingkungan SKPD Purbalingga

PURBALINGGA – Guna memudahkan akses data/informasi yang berkaitan dengan administrasi surat menyurat, serta meningkatkan efisiensi dan efektifitas komunikasi antar SKPD se Kabupaten Purbalingga, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) menyelenggarakan sosialisasi layanan “surat maya” bagi seluruh pimpinan SKPD di operation room komplek Pendopo Dipokusumo.

“Penyusunan software ini dimaksudkan untuk mengurangi secara signifikan total biaya adminstrasi untuk kurir maupun perjalanan dinas,” kata Wakil Bupati Drs H Sukento Ridho Marhaendrianto MM saat membuka sosialisasi, Senin (19/12).

Ditambahkan Wabup, keberhasilan sebuah sistem informasi dibutuhkan dukungan keterampilan yang disertai kemauan, komitmen dan konsistensi dalam mengaplikasikannya. “Kegagalan dari sebuah sistem informasi, seringkali terjadi karena keengganan untuk merubah budaya dari manual ke elektronik. Yang mana sistem baru dianggap akan mempersulit pekerjaan,” kata wabup.

Dicontohkan Wabup, Kabupaten Purbalingga telah memiliki situs resmi pada portal www.purbalinggakab.go.id. Termasuk didalamnya terdapat 17 subdomain untuk 17 SKPD se Kabupaten Purbalingga. Sayangnya, baru beberapa SKPD yang aktif mengupdate data pada subdomain yang dimiliki.

“Tolong Pak Jo (Kepala Dinhubkominfo), bagi SKPD yang belum aktif melakukan update, saya dikirimi sms setiap minggu. Biar saya dapat ikut mendorong SKPD tersebut,” tandas wabup.

Sementara itu, Koordinator Komunitas Pengguna Linux Indonesia (KPLI) Banyumas yang menjadi narasumber pada sosialisasi ini mengemukakan, nantinya KPLI Banyumas menyediakan diri untuk melakukan pendampingan dalam implementasi pengoperasian software ini di masing-masing SKPD.

“Bila dibutuhkan kami yang tergabung dalam KPLI Banyumas bisa ke kantor SKPD bapak/ibu untuk melakukan pendampingan. Bila ada pertanyaan seputar layanan surat maya, bisa juga ditanyakan lewat facebook dengan alamat KPLI banyumas helpdesk,” jelas Agustinus Restu Timurawan.

Sebelumnya, Dinhubkominfo Purbalingga telah melaksanakan pelatihan pengoperasian software layanan komunikasi data bagi 60 calon tenaga operator perwakilan SKPD. Pelatihan dilakukan selama 4 hari dari tanggal 14-17 Desember di Gedung A Setda Purbalingga.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42