Logo kotaperwira.com

Sosialisasi ADD/AAK dan Bantuan Permodalan RT Kabupaten Purbalingga

Purbalingga – Sesuai Permendagri No. 37 Tahun 2007 disebutkan bahwa alokasi anggaran desa sekurang-kurangnya adalah 10 persen dari Dana Alokasi Umum (DAU) ditambah pajak daerah, retribusi daerah, bagi hasil pajak daerah dan bagi hasil provinsi. Sesuai data Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) kabupaten Purbalingga besar pagu Alokasi Dana Desa (ADD) seharusnya hanya Rp. 15,5 milyar. Padahal tahun ini ADD/AAK di kabupaten Purbalingga ditetapkan sebesar Rp. 24,2 milyar.

“Jadi sebenarnya besaran ADD/AAK kita telah mencapai 16 persen. Artinya pemkab telah mengalokasikan dana ke desa/kelurahan melebihi yang diatur dalam perundangan. Ini tentu menunjukan komitmen kami yang serius dan tinggi untuk terus mengupayakan kenaikan ADD/AAK. Tentu saja harus disesuaikan dengan kapasitas anggaran yang ada,” ungkap Bupati Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko M.Si pada Sosialisasi ADD/AAK dan Bantuan Permodalan RT di Gedung Graha Sarwa Guna Purbalingga, Kamis (9/6).

Sosialisasi ADD/AAK dan Bantuan Permodalan RT Kabupaten Purbalingga

Sosialisasi ADD/AAK dan Bantuan Permodalan RT Kabupaten Purbalingga

Tahun 2011 menurut Bupati, tidak ada desa/kelurahan yang mengalami penurunan pagu alokasi ADD maupun AAK. Bahkan 152 desa dan 12 kelurahan yang ada justru akan mengalami peningkatan pagu. Padahal bila formulasi perhitungannya menggunakan sistem perhitungan murni sesuai Permendagri, maka akan terdapat 72 desa yang mengalami penurunan pagu alokasi ADD dan ada 3 kelurahan yang pagu AAK-nya turun.

“Karena kita lebih peduli terhadap penyelenggaraan pemerintahan desa/kelurahan, maka perhitungan alokasi itu kita modifikasi dengan perhitungan campuran dan disesuaikan dengan kebutuhan fiskal desa/kelurahan. Pagu dasar yang kita pakai adalah perhitungan tahun 2010. Sehingga tidak ada turun,” tandas Bupati.

Dari data pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Bapermasdes) kabupaten Purbalingga, ADD tertinggi diperoleh desa Serang kecamatan Karangreja sebesar Rp. 118,9 juta dan terendah desa Karangpetir Rp. 95,7 juta. Sedangkan untuk AAK tertinggi adalah kelurahan Bojong Rp. 91,2 juta dan AAK terendah kelurahan Purbalingga Kulon Rp. 85 juta.

Tahun ini, pemkab juga akan segera menggulirkan bantuan permodalan untuk 5.051 RT diseluruh desa se-kabupaten Purbalingga. Masing-masing RT nantinya akan menerima dana Rp. 1 juta. Sehingga total anggaran yang disiapkan mencapai Rp. 5,051 milyar. Bantuan permodalan RT merupakan bantuan sosial dari pemkab kepada RT berupa hibah.

Tags: , , , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42