Logo kotaperwira.com

Soal Salah Cetak, Ujian Madrasah Ibtidaiyah Diulang

Purbalingga – Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Purbalingga, harus diulang. Gara-garanya terjadi kesalahan cetak soal mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Rencananya, ujian ulang akan dilaksanakan pada Rabu (13/4) mendatang.

Kasi Mapenda Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Ratmono SAg menjelaskan, kesalahan cetak sebenarnya terjadi di seluruh wilayah Karesidenan Banyumas. Yaitu untuk soal SKI nomor 17-31 (15 butir soal) merupakan naskah soal untuk MTs. Yaitu pada lembar halaman 4 dan 5. “Percetakan sudah mengakui kesalahan itu dan menyepakati untuk menggantinya. Kita sudah berkoordinasi dengan kabupaten lainnya di eks Karesidenan Banyumas pada 6 April untuk mengadakan ujian ulang. Dengan percetakan, sudah tak ada permasalahan, karena mereka bersedia menggantinya,” bebernya, Jumat (8/4).

Ratmono menyakinkan jika kasus seperti ini baru tahun ini terjadi. Biasanya tak ada kendala sama sekali. Pihaknya juga menganggap kejadian ini tidak berakibat fatal bagi siswa. Karena pelaksanaan ujian ulang akan langsung dilakukan. Hanya saja menjadikan pekerjaan dua kali.

Ujian mata pelajaran SKI yang digelar pada 5 April lalu itu akan serempak dilaksanakan ulang sesuai POS UAMBN dari pusat. Soal yang akan diujikan juga berbeda dengan soal utama kemarin. Namun induknya diambilkan dari soal ujian utama itu. Pihaknya optimis seluruh tahapan ujian ulang akibat kejadian salah cetak itu berjalan lancar.

“Jika dalam ujian ulang soal SKI sama, tentunya bisa dikategorikan ada kebocoran. Jadi nantinya, siswa tetap mengerjakan soal sebanyak 50 pilihan ganda dengan durasi 90 menit untuk mata pelajaran SKI itu. Saya rasa seluruh jajaran madrasah penyelenggara ujian sudah memahaminya. Apalagi kita sudah mengirimkan surat edaran,” tambahnya.

Di kabupaten Purbalingga, jumlah MI yang melaksanakan UAMBN sebanyak 178. Dengan jumlah siswa peserta sejumlah 3.037 orang siswa. Seluruhnya sudah siap dan soal ujian ulang akan tiba pada H-1.

Sumber : Radar Banyumas

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42