Logo kotaperwira.com

SMP Negeri 4 Purbalingga Kembangkan Pupuk Kompos

Purbalingga – Untuk mendukung lingkungan sekolah yang hijau dan sehat, SMP Negeri 4 Purbalingga kini membekali para siswanya dengan ketrampilan pembuatan pupuk kompos. Sebagai tahap awal, sebanyak 50 siswa sekolah setempat, Jumat (30/9) di bawah bimbingan petugas dari bagian lingkungan hidup Pemkab Purbalingga memberikan pelatihan secara teori, dilanjutkan praktek di dekat ruang parkir.

Kepala Sekolah SMPN 4 Purbalingga, Suyanto, M.Pd mengemukakan, pemberian ketrampilan pembuatan pupuk kompos ini sekaligus untuk mendukung sekolah menuju ke Sekolah Standar Nasional (SSN). Selama ini, SMPN 4 Purbalingga yang membuka kelas khusus olah raga, dikenal sebagai sekolah yang sejuk dan sehat, karena dari areal seluas 15000 meter persegi, 600 meter persegi diantaranya diantaranya berupa hutan sekolah.Beberapa tanaman di hutan sekolah itu, diantaranya kapulaga, albasia, jati dan tanaman apotik hidup.

“Agar hutan sekolah terpelihara dan sejuk, sehingga suasana belajar tetap nyaman, maka perlu didukung pemupukan dengan pupuk kompos bikinan para siswa,” ujar Suyanto yang didampingi koordinator 7K SMPN 4 Purbalingga, Drs. Ramelan di sela-sela praktek pembuatan pupuk kompos di sekolah setempat, kemarin.

Bahan-bahan untuk membuat kompos dikumpulkan oleh para siswa dari lingkungan sekolah. Diantaranya berupa sampah organik, rumput, pupuk kandang, dedak dan sebagainya.

Setelah mendapat penjelasan secara teori dari petugas Bagian Lingkungan Hidup Pemkab Purbalingga, kemarin para siswa tampak antusias praktek membuat kompos. Mereka saling bahu membahu mengaduk-aduk bahan kompos.

“Kami berharap, praktek membuat kompos ini bisa juga dipraktekkan di rumah masing-masing untuk memupuk tanaman-tanaman yang ada di rumah,” harap Suyanto.

Tags: , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42