Logo kotaperwira.com

Siswa TK Bina Harapan GKI Purbalingga Belajar Bertanam Padi

BOJONGSARI – Kubangan lumpur sawah tak menyurutkan 62 siswa taman kanak-kanak (TK) Bina Harapan GKI Purbalingga untuk berebut saling menanam bibit tanaman padi di sawah Desa Patemon (Bojongsari), Selasa (13/4). Benar-benar baru kali ini ada siswa TK langsung turun ke sawah untuk bercocok tanam padi.

Kepala Sekolah TK Bina Harapan, Titik Mulyaningsih mengatakan, kegiatan outdoor itu memang sudah terprogram setiap tahun. Kali ini diarahkan ke sawah agar siswa mengetahui asal nasi dari padi yang ditanam di sawah.

“Siswa akan memahami betapa susahnya proses menjadi nasi dan dimakan. Lalu mereka dikenalkan cara bertanam bibit yang baik dan teratur. Kami berharap, siswa akan lebih mudah memahami daripada mengetahui dalam teori di ruangan saja,” ujarnya, Selasa (13/4).

Siswa juga akan memahami pentingnya menjaga lingkungan, manfaat bagi kehidupan dan manfaat sawah dalam mendukung pangan. Jika lingkungan sehat dan dikelola dengan baik, hasilnya juga akan baik dan bermanfat bagi semua.

Titik menambahkan, sembari menanam bibit, para guru juga menjelaskan urutan kegiatan bertani dari menanam bibit hingga panen. Usai melakukan kegiatan tanam itu, siswa mandi bersama di lokasi yang telah disediakan. Para orangtua yang mendampingi juga ikut menjaga anak masing-masing.

Kedepan, sekolah bisa saja mengubah program bukan kesawah, melainkan ke pegunungan ataupun yang lain. Karena, materi yang disampaikan akan berbeda dari tahun ke tahun. Namun pada prinsipnya, sekolah ikut melatih anak menyanyangi lingkungan sekitar mereka.

“Kegiatan ini kami laksanakan selama satu jam. Selain menghibur, anak-anak mendapatkan ilmu yang bermanfaat,” tambahnya.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42