Logo kotaperwira.com

Siswa SMPN 3 Purbalingga Ikuti Try Out Bersama

PURBALINGGA – Sebanyak 231 siswa kelas IX SMPN 3 Purbalingga mengikuti tryout bersama selama empat hari (9-12/4). Tryout UN ini dilaksanakan serentak di 13 SMP negeri dan swasta di subrayon Purbalingga di sekolah masing-masing.

Hari pertama siswa mengerjakan mapel Bahasa Indonesia, hari kedua Bahasa Inggris, Rabu matematika, dan Kamis IPA. Soal setiap mapel dibuat oleh perwakilan guru sekolah. Acuan materi tryout adalah Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan hasil workshop UN pada 18 Maret lalu.

“Dalam tryout ini siswa sudah menggunakan lembar jawab komputer. Jadi siswa sudah menghitamkan jawaban dengan pensil 2B. Tetapi koreksinya masih manual, tidak pakai komputer,” kata Wakil Kepala SMPN 3 Purbalingga, Kadzik Mahmudi, Kamis (12/4).

Jumlah soal yang dikerjakan dalam tryout ini juga disamakan dengan soal UN. Untuk Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sebanyak 50 soal. Sedangkan matematika dan IPA 40 soal. Waktu pengerjaan soal juga sama dengan UN, yakni 120 menit atau 2 jam.

“Perbedaan dengan UN ada pada pengawas. Kalau tryout ini, pengawasnya adalah guru sendiri. Kalau UN pengawasnya silang antarsekolah. Meskipun pengawasnya guru sendiri, kami tekankan kepada siswa untuk jujur dan bersungguh-sungguh dalam mengerjakannya,” katanya.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42