Logo kotaperwira.com

Siswa SMP Dituntut 1,1 Tahun Karena Mencuri 10 Kali

PURBALINGGA – Terdakwa Al (15), yang didakwa melakukan pencurian sebanyak 10 kali, akhirnya dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) Febrianti Primaningtyas SH hukuman pidana selama satu tahun satu bulan. Tuntutan JPU disampaikan kepada majelis hakim PN Purbalingga, dalam persidangan Rabu (11/7) lalu.

Atas tuntutan JPU, terdakwa Al, warga Kecamatan Kaligondang itu, langsung menyampaikan pembelaan (pledoi) secara lisan. Intinya kepada hakim tunggal Vilia Sari SH MKn, yang didampingi Panitera Pengganti Supriyanto SH, terdakwa memohon keringanan hukuman. Terdakwa beralasan, dia masih ingin sekolah.

Sementara penasehat hukum terdakwa, Eko Yuli Prihatin SH, menyampaikan pledoi secara tertulis. Intinya sama, memohon kepada hakim yang memeriksa dan mengadili terdakwa, agar kliennya mendapat keringanan hukuman. Terdakwa saat ini masih duduk di kelas VIII sebuah SMP.

Eko menyatakan, terdakwa masih anak-anak, dan masih ingin bersekolah. Penasehat hukum terdakwa, Eko Yuli Prihatin, berpendapat terdakwa yang melakukan pencurian sejak Agustus 2011 sampai Mei 2012 itu karena faktor ekonomi. Yang dicuri terdakwa seperti beras, wajan, ketel, ayam, yang kemudian dijual untuk keperluan terdakwa.

Kondisi rumahtangga orangtuanya sudah tidak utuh karena ayah dan ibunya sudah bercerai. Sekarang terdakwa hidup berdua dengan ibunya, Juminah (40), yang kesehariannya sebagai buruh tukang mencuci dan menyetrika di rumah tetangganya.

Menurut JPU, yang memberatkan, perbuatan terdakwa meresahkan masyarakat. Terdakwa mencuri lebih dari satu kali. Yang meringankan, terdakwa belum pernah dihukum. Sopan dalam persidangan, mengakui perbuatanya, berjanji tidak mengulangi, dan terdakwa masih ingin sekolah.

Atas pledoi penasehat hukum terdakwa yang disampaikan tertulis maupun pembelaan secara lisan yang disampaikan terdakwa Al, JPU tetap pada tuntutannya. Sidang dilanjutkan pekan depan, dengan agenda putusan atau vonis hukuman oleh hakim. (nis/dis). Sumber: Radar Banyumas.

Tags: ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42