Logo kotaperwira.com

Siswa SD St Pius Purbalingga Pamer Lukisan Batik

Purbalingga – Sekolah Dasar St Pius Purbalingga yang dikelola Suster-suster Notre Dame (SND) memamerkan lukisan batik karya siswa-siswi sekolah tersebut.

Pada pameran Jumat pekan lalu itu masing-masing siswa memajang lukisan batik berukuran sekitar 100 cm persegi. Selain batik, karya kerajinan tangan lainnya juga dipamerkan.

Pameran dikunjungi ratusan tamu yang sebagian besar keluarga para siswa SD Pius Purbalingga yang datang untuk menyaksikan pagelaran seni budaya siswa-siswi sekolah tersebut.

Siswa SD Pius Memamerkan Lukisan Batik Karya Mereka

Siswa SD Pius Memamerkan Lukisan Batik Karya Mereka

Menurut Kepala Sekolah Sr Maria Fidelia SND pameran bertujuan agar anak-anak merasa mendapat penghargaan atas karya mereka.

“Orangtua mereka akan tahu bahwa anak-anak mereka memiliki bakat dan kreatifitas,” kata Sr Fidelia kepada ucanews.com.

Ia menambahkan, pelatihan batik bertujuan untuk memperkenalkan karya seni budaya bangsa Indonesia dengan berbagai macam corak dan motif. Selain itu membatik juga melatih kesabaran anak.

Fransiska Yovita, siswi kelas enam yang karyanya dipajang mengungkapkan kegembiraannya mendapat kesempatan belajar membatik. “Saya belajar membatik sejak kelas lima. Kegiatan berlangsung seminggu sekali. Senang,” katanya.

Para siswa belajar membatik secara bertahap seminggu sekali. Prosesnya dari menggambar dengan pensil pada kain, menindas dengan canting dan malam pada lukisan yang dibuat, kemudian ditutup malam sesuai motif. “Baru diwarnai dan dilorot atau dibersihkan malamnya, terus dijemur, selesai,” kata Yovita.

Wilhelmus Alexander Agung Widodo salah satu orangtua siswa mengaku senang dengan kegiatan tersebut.

“Minat anak-anak besar. Ini akan melestarikan budaya Indonesia. Budaya Indonesia akan berkembang,” katanya.

Tags: , , , , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42