Logo kotaperwira.com

Sistem Drainase di Purbalingga Perlu Dibenahi

PURBALINGGA – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Purbalingga, kemarin (18/1) sore, mengakibatkan beberapa wilayah di Kabupaten Purbalingga tergenang air. Hujan yang merata juga diikuti genangan yang hampir merata disemua kecamatan yang ada di Purbalingga.

Hujan Deras, Sejumlah Jalan Tergenang

Dalam pantauan Radarmas di lapangan, Kemarin (18/1) beberapa wilayah yang tergenang air diantaranya adalah wilayah kecamatan Bukateja. Genangan air juga terjadi di ruas jalan Bukateja, yang menghubungkan kabupaten Purbalingga dan kabupaten Banjarnegara. Genangan air setinggi sekitar 30 centimeter itu terjadi di ruas jalan sepanjang 200 meter lebih ini.

Sistem drainase yang kurang baik duduga menjadi penyebabnya. Genangan paling mencolok terlihat di sebelah selatan Pasar Bukateja. Genangan ini menyebabkan arus lalu lintas ke arah Banjarnegara ke Purbalingga atau sebaliknya sedikit tersendat.

Genangan yang terjadi di wilayah ini dirasakan langsung oleh rombongan Bupati Purbalingga, Drs H Heru Sudjatmoko MSi yang akan melakukan tinjauan di wilayah Kecamatan Kemangkon, setelah meninjau lokasi bencana di Kecamatan Rembang. “Genangannya cukup tinggi,” kata staf Bagian Humas Setda Purbalingga.

Sementara, di wilayah lainnya juga terjadi genangan air di badan jalan, yakni di wilayah kecamatan Bobotsari. Di wilayah ini hampir semua wilayah terjadi genangan air. Genangan juga menggenangi trotoar jalan di jalan Yosomiharjo.

Genangan air di berbagai wilayah tersebut itu selalu terjadi jika turun hujan lebat. Bahkan, akibat banyaknya genangan, beberapa bagian badan jalan mulai terkikis air hingga berlubang.

Akibat hujan deras itu, beberapa sungai yang ada di Purbalingga juga meluap. Diantaranya terjadi di wilayah kelurahan Kandang Gampang, kecamatan Purbalingga.

Akibat hujan deras, Sungai Keramean yang membentang di Keluarahan ini meluap. Luapan air menggenangi pemukiman warga yang berada di sekitar sungai. Air Sungai Gringsing yang terletak di samping SMK Karya Bhakti Purbalingga juga meluap, namun belum sampai menggenangi permukiman warga.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42