Logo kotaperwira.com

Sineas Banyumas Raya Borong Penghargaan

3 Film dari Purbalingga

PURBALINGGA – Sineas Banyumas Raya memborong sejumlah penghargaan pada ajang Festival Film Pemuda 2012 yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga. Acara digelar dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda 2012.

Pada lomba yang diikuti oleh peserta dari kalangan umum, pemuda, pelajar, mahasiswa yang bukan sineas profesional tersebut, dewan juri yang beranggotakan tiga seniman Endi Aras, Yudi D, dan Edo Aditya menobatkan empat film asal eks Karesidenan Banyumas layak menerima penghargaan. Untuk kategori film fiksi, Mentari di Sambirata yang disutradarai pelajar SMA 1 Rembang Purbalingga Astri Rakhma Adisty menyabet juara pertama.

Film Jono Berlari karya siswa SMA 1 Bukateja Astia Nur Astuti duduk di posisi ketiga. Sementara di posisi kedua dihuni film Pre Wedding karya sineas asal Bogor, Sheyla Annisa.

Pada kategori film dokumenter Astri Rakhma Adisty kembali meraih juara kedua untuk film besutannya berjudul Gulma yang Bernilai Guna. Di posisi pertama ada sineas asal Kalibogor Banyumas, Hilmy Febrian Nugraha, dengan filmnya berjudul Gula Jawa Gula Dunia. Adapun posisi ketiga diraih film Bidadari Turun Bumi karya sineas Tegal Devi Astriyati. Terkait prestasi itu, Direktur Jaringan Kerja Film Banyumas (JKFB), Dimas Jayasrana mengatakan prestasi yang diraih oleh sineas muda dari Banyumas Raya itu merupakan hasil dari proses panjang dan tidak instan.

Dia menganggap kemenangan bukanlah puncak dari dinamika perfilman di wilayah ini. “Semoga hasil ini semakin memantik semangat sineas muda dari Banyumas Raya. Mereka selalu punya tempat di kancah nasional. Ini bukan satu-satunya prestasi yang istimewa, masih banyak ruang lain yang harus dijajal,” ucapnya ketika dihubungi via telepon, kemarin.

Tags: , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42