Logo kotaperwira.com

Server Tidak "Connect", Ujian Kompetensi Guru di Purbalingga Gagal

PURBALINGGA – Ratusan guru di Kabupaten Purbalingga dan Banyumas Jawa Tengah batal melaksanakan ujian kompetensi guru (UKG) hari pertama Senin (30/7/12). Gara-gara komputer yang disediakan panitia lokal tidak bisa mengakses situs penyelenggara ujian yang menyediakan naskah soal ujian.

Meski sudah ditunggu sejak siang, komputer di tempat ujian tidak bisa mengakses website penyedia naskah ujian. Kondisi yang tidak menentu membuat para guru stres bahkan ada yang pingsan. Kejadian di tempat ujian di SMP Negeri 2 Purbalingga, Muri Wantobroto salah seorang guru yang sedang duduk menunggu komputernya tiba-tiba jatuh pingsan. Pembatalan pelaksanaan UKG juga berlangsung di Kabupaten Banyumas.

“Kita sudah menunggu sampai siang, dengan harapan ujian pertama bisa dilaksanakan, tapi tetap tidak bisa. Akibatnya panita penyelenggaraan membatalkan ujian kompetensi,”‘ kata Prasetyo, seorang guru SMP di Kabupaten Purbalingga, Senin (30/7).

Terpisah, Kepala Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan Purbalingga, Supardan, menyebutkan kegagalan pelaksanaan ujian hari pertama tersebut, tak hanya dialami oleh guru-guru di Purbalingga saja. Tapi juga oleh guru-guru di Jawa Tengah. “Persoalannya, karena data server di Jawa Tengah, tidak bisa terkoneksi dengan server data di pusat,” jelasnya.

Berdasarkan informasi dari 33 provinsi yang menyelenggarakan kegiatan UKG secara online, hanya para guru di 8 provinsi yang bisa mengikuti ujian. Sebanyak 25 provinsi lainnya, tidak bisa terhubung ke server penyelenggara ujian.

Sedangkan mengenai penyelenggaraan ujian hari kedua, Selasa (7/7/12), Supardan menyatakan, pelaksaaan ujian akan tetap mengacu pada jadwal sebelumnya.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42