Logo kotaperwira.com

Serangan Chikungunya di Bobotsari Meluas, DKK Purbalingga Belum Mengetahui

Bobotsari – Setelah dua pekan lebih menjangkiti warga di wilayah Karangplak Desa Bobotsari, Kecamatan Bobotsari, wabah chikungunya kini meluas hingga ke wilayah Kampung Baru Desa Bobotsari. Sekitar 10 rumah di wilayah Kampung Baru itu kini dilaporkan diserang chikungunya.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Desa Bobotsari Soewatno kepada Radarmas, kemarin (5/4). ” tadi (kemarin, red) saya baru saya mendapat laporan dari warga. Ternyata wabah penyakit yang diduga chikungunya tersebut sudah meluas hingga ke wilayah Kampung Baru,” katanya.

Dia memprediksi wilayah yang terkena wabah chikungunya tak hanya terdapati di dua wilayah tersebut, tapi sudah meluas ke daerah lainnya. Namun, hingga saat ini belum dilaporkan oleh warga, karena dianggap penyakit demam biasa.

Dengan banyaknya warga di Desa Bobotsari yang sudah terserang penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aides Aigepty tersebut, diharapkan segera melakukan penanganan agar tidak meluas. Beberapa warga di wilayah tersebut juga meminta kepada pihak terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga untuk melakukan fogging dan bantuan pengobatan agar penyebaran penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk tersebut tidak meluas.

Dihubungi Radarmas Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Purbalingga, justru mengaku belum mendapatkan laporan terkait serangan penyakit yang diduga chikungunya tersebut. Kepala Bidang Penanganan Penyakit (P2) Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga Marsiman, berjanji akan secepatnya berkoordinas dengan UPT Puskesmas Bobotsari untuk melakukan penanganan di lapangan, agar penyakit tersebut tidak meluas. “Kami akan mengecek ke lapangan,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, puluhan warga Kalapacung Desa Bobotsari, Kecamatan Bobotsari, Purbalingga, diduga kuat terserang penyakit chikungunya. Serangan terjadi lebih dari dua pekan terakhir, tapi belum mendapatkan perhatian dari pihak terkait.

Sekitar 20 warga dari RT 2 dan RT 3/RW V serta RT 2 dan RT 3/RW VI desa tersebut mengeluhkan sakit di persendian tulang. Mereka awalnya merasa panas dingin dan demam tinggi selama satu hari, kemudian diikuti nyeri dan ngilu pada seluruh persendian.

Pihak pemerintah desa sendiri sudah melaporkan hal tersebut, kepada petugas kesehatan UPT Puskesmas Bobotsari, namun masih belum mendapatkan respon.

Sumber : Radar Banyumas

Tags: , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42