Logo kotaperwira.com

Sensus Pajak, Kepatuhan Warga Purbalingga Masih Rendah

Purbalingga – Tingkat kepatuhan masyarakat Purbalingga dan Banjarnegara, Jawa Tengah, dalam membayar pajak masih rendah. Kondisi ini kian memprihatinkan sejak mencuatnya kasus makelar pajak yang melibatkan pegawai Direktorat Jendral Pajak Gayus Tambunan. Hingga kini, tingkat kepatuhan wajib pajak di daerah tersebut hanya 46,62 persen.

Pejabat Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purbalingga Retno Sri Sulistyani, Jumat (30/9/2011) menurun. Tanpa menyebut nilai penurunannya, dia mengatakan, dari 70.228 wajib pajak, hanya 32.740 wajib pajak yang melapor atau menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Wajib Pajak.

“Untuk itu, kami berupaya meningkatkan tingkat kepatuhan masyarakat dalam melaksanakan kewajiban membayar pajak, dengan meluncurkan program Sensus Pajak Nasional (SPN) yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Retno, SPN baru pertama kali dicanangkan, sebagai penyempurna program sebelumnya, sebagai penyisiran (canvassing). Harapannya, setelah program ini dilaksanakan, masyarakat kembali sadar akan pentingnya membayar pajak demi kesejahteraan mereka sendiri.

Retno menyebutkan, pelaksanaan sensus dimulai 3 Oktober hingga dua bulan ke depan. Pihaknya menurunkan 32 orang petugas yang terbagi dalam 16 tim dengan areal penyisiran mencakup 20 kecamatan di Banjarnegara dan 18 kecamatan di Purbalingga.

“Satu tim terdiri dari 2 orang dan akan melakukan kunjungan ke sepuluh wajib pajak. Sasaran sensus sementara sebanyak 4.400 wajib pajak,” jelasnya.

Sensus pajak akan mengunjungi wajib pajak, baik perseorangan maupun badan usaha. Jika sasaran tidak memenuhi, misal tidak berada di rumah, pindah alamat, atau bagi badan usaha ternyata usahanya sudah tutup dan pemilik tidak bisa dihubungi, maka petugas akan meninggalkan pamflet.

Untuk mengefektifkan kegiatan ini, pihaknya telah menyiapkan berbagai kegiatan seperti sosialisasi melalui radio, leaflet, mobil keliling dan penyuluhan.

Tags: , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42