Logo kotaperwira.com

Selama 2012, DPRD Purbalingga Keluarkan 32 Perda Baru

PURBALINGGA – Selama tahun 2012 DPRD Kabupaten Purbalingga, menetapkan 32 Peraturan Daerah (Perda), dari 34 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). Menurut Ketua DPRD Purbalingga Tasdi SH dari 32 Perda, 15 diantaranya ditetapkan Sabtu (22/12/2012) Desember dalam rapat paripurna terakhir atau penutupan masa sidang ke III tahun 2012.

Penetapan Raperda menjadi Perda antara lain penetapan RAPBD (Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) Kabupaten Purbalingga tahun 2013 , penetapan raperda prakarsa DPRD tentang pedoman penetapan dan penegasan batas desa, raperda tentang tanggung jawab sosial perusahaan dan raperda pengelolaan sampah.

11 Raperda lainnya antara lain tentang Raperda ijin lokasi, Pencabutan 9 Perda dan perubahan Perda nomor 11 tahun 2012 tenetang peneyertaan modal kepada Perusda dan perusahaan lainnya.

Tasdi juga menjelaskan , terhadap dua perda yang ditunda penetapannya karena masih diperlukan pengkajian yang lebih mendalam terhadap substansi, materi pokok yang akan diatur dalam Raperda tersebut , sehingga jika nantinya diterapkan di masyarakat tidak menimbulkan konflik.

“Selain itu masih perlu adanya pengkajian khususnya dalam upaya DPRD untuk melindungi keberadaan pasar tradisional dan pedagang kecil terhadap keberadaan pasar modern, kaitannya dengan ditundanya Raperda penataan dan pembinaan pasar tradisional, pusat perbelanjaan dan toko modern.” katanya

Khusus untuk Raperda penataan PKL (Pedagang Kaki Lima) yang tertunda penetapannya, DPRD Purbalingga mencermati belum adanya ketentuan pasal yang mengaturnijin dan larangan untuk melaksanakan kegiatan PKL sesuai peruntukannya.

“Belum adanya kepastian ruang lingkup pembinaan dan penataan PKL.

“Apakah untuk PKL di wilayah kota, kabupaten kota, kecamatan atau seleuruh kabupaten Purbalingga?” pangkasnya.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42