Logo kotaperwira.com

Segera Dibangun Dua Pasar Ikan di Purbalingga

PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, segera membangun dua pasar ikan guna memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap komoditas ikan air tawar.

“Pasar ikan tersebut akan dibangun di kompleks Pasar Padamara dan Pasar Karangjambu dengan didanai APBD Perubahan, masing-masing senilai Rp74 juta,” kata Kepala Bidang Perikanan Dinas Peternakan dan Perikanan (Dinnakan) Purbalingga Siswanto di Purbalingga, Selasa.

Ia mengatakan bahwa pembangunan pasar ikan ini ditujukan untuk meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat. Dengan dibangunnya dua pasar ikan ini, kata dia, masyarakat akan semakin mudah untuk membeli komoditas tersebut.

“Pembangunan pasar ikan di Padamara yang banyak terdapat pembudidaya ikan konsumsi diharapkan semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan ikan yang mereka butuhkan,” katanya.

Menurut dia, wilayah Karangjambu jauh dari pasar ikan sehingga pembangunan fasilitas ini diharapkan dapat mendekatkan masyarakat setempat dalam memenuhi kebutuhan ikan konsumsi.

Dengan demikian, kata dia, keberadaan pasar ikan di Karangjambu diharapkan dapat meningkatkan kebutuhan gizi masyarakat setempat.

Ia mengatakan bahwa pembangunan pasar ikan akan memanfaatkan tanah desa seluas 500 meter persegi dengan bangunan los yang akan dibangun berukuran 6×13 meter.

“Ikan yang akan dijual di pasar ini merupakan jenis-jenis ikan yang biasa dikonsumsi masyarakat, antara lain, lele, mujair, dan nila,” katanya.

Hingga saat ini, menurut dia, gurami belum populer sebagai ikan konsumsi bagi masyarakat Purbalingga, terutama golongan menengah ke bawah karena harganya mahal.

Selain itu, kata dia, gurami lebih dikenal sebagai ikan musiman karena lebih laku dijual pada masa-masa tertentu, seperti Lebaran.

“Saat Lebaran kemarin, penjualan ikan gurami di kompleks Dinnakan Purbalingga mencapai 1,5 ton dengan harga rata-rata Rp40 ribu per kilogram,” katanya.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42