Logo kotaperwira.com

Sebagian Jalur Selatan Masih Tersendat, Jalur Purbalingga Relatif Baik

Purwokerto – Saat arus mudik dan balik Lebaran mendatang, jalan utama di jalur selatan antara perbatasan Jateng-Jabar di Panulisan Timur Kabupaten Cilacap sampai perbatasan Banyumas-Kebumen di Tambak, diperkirakan masih akan mengalami hambatan. Pasalnya, perbaikan yang tengah berlangsung di sejulah ruas jalan diperkirakan belum selesai sampai mendekati Lebaran akhir Agustus.

Kepala Balai Pelaksana Teknis (BPT) Bina Marga Jateng Wilayah Cilacap, Suwito, mengatakan sampai Lebaran memang ada sebagian ruas jalan di jalur utama selatan belum selesai.

Di antaranya, pelebaran jalan dari Wangon sampai Lumbir wilayah Kabupaten Banyumas, berbatasan dengan Karangpucung Cilacap. Di jalur itu kanan-kiri jalan tengah dilebarkan sekitar 1,5 meter dengan panjang sekitar 5 kilometer.

“Sampai mendekati Lebaran memang belum selesai, karena masa kontrak pekerjaan sampai Desember. Meski belum selesai, mulai H-7 Lebaran pekerjaan akan dihentikan dulu agar tidak menggangu arus mudik,” katanya, kemarin.

Pelebaran Jalur Berkelok

Menurut dia, dengan dilebarkan jalur berkelok tersebut diharapkan tidak lagi terjadi kepadatan saat puncak arus mudik atau balik. Pelebaran dilakukan memang untuk membantu memperlancar arus mudik dari Jabar menuju Jateng maupun ke Yogyakarta dan Jatim atau sebaliknya.

Selain di jalur Wangon-Lumbir, lanjut dia, perbaikan jalan yang diperkirakan belum selesai sampai Lebaran, yakni peningkatan jalan (pelapisan aspal) antara jalur Wanareja sampai perbatasan Jateng-Jabar. Panjangannya juga sekitar 5 kilometer.

Masih di jalur utama selatan, katanya, sekarang juga sedang ada perbaikan Jembatan Kali Gatel di Kecamatan Kramanjen Banyumas. “Kalau ini sebelum Lebaran sudah selesai,” tandasnya.

Untuk kesiapan infrakstruktur jalan menghadapi Lebaran secara umum di wilayah Banyumas, Cilacap dan Purbalingga yang menjadi wilayah tugasnya sudah dalam kondisi baik.

Untuk jalur dari perbatasan Banyumas-Brebes di Pekuncen-Patuguran hingga Ajibarang-Wangon, lanjut Suwito, kondisinya juga baik. Di jalur tersebut hanya dilakukan pemeliharaan rutin seperti penambalan jalan berlubang. Begitu pula jalur Ajibarang-Purwokerto sampai keluar ke Purbalingga saat arus Lebaran juga kondisinya sudah relatif baik.

Di jalur Ajibarang-Purwokerto sekarang ada perbaikan jalan dan jembatan di Kali Logawa Karanglewas. Ini juga diperkirakan sebelum Lebaran selesai. “Dari Purwokerto arah Buntu dan Banyumas arah Klampok Banjarnegara kondisinya juga sudah diperbaiki. Di jalur keluar Purbalingga-Banjarnegara juga sudah dikotmix ulang,” akunya.

Sementara itu dari pantauan perbaikan jalan dan jembatan di jalur tengah antara Rawalo-Patikraja di sepanjang Sungai Serayu menyebabkan arus tersendat. Diperkirakan sampai Lebaran perbaikan sudah selesai, karena pekerjaan dimulai Februari dengan masa kerja 180 hari.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42