Logo kotaperwira.com

SDIT Nurul Huda Desa Karangreja Giatkan Home Visit

KUTASARI – Selain menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di kelas maupun luar kelas (outdoor strudy), SDIT Nuru Huda Desa Karangreja Kecamatan Kutasari juga menggiatkan home visit. Kunjungan guru ke tiap-tiap rumah siswa ini dimaksudkan untuk mendukung kesuksesan belajar siswa.

Home visit juga kerap menjadi bagian dari sekolah untuk mengkomunikasikan kendala anak dalam belajar kepada wali murid dengan berkunjung langsung ke tempat tinggal wali murid. Pendek kata, home visit ini menjadi problem solving atas permasalahan yang dihadapi anak dalam belajar. “Dengan berkunjung ke rumah, siswa atau orang tua siswa akan lebih terbuka dalam menyampaikan persoalan dan kendala yang dihadapi anak dalam menempuh studi di SDIT Nurul Huda,” tutur Kepala SDIT Nurul Huda, Dirsan SPdI didampingi waka kurikulum, Hari Setiyawan.

Orang tua atau wali murid juga mendapatkan peran yang cukup besar dalam menunjang kesuksesan pendidikan di SDIT Nurul HUda. Tiap kelas memiliki pengurus wali murid sendiri-sendiri . Mereka berhak menyelenggarakan pertemuan wali murid kapan saja apabila diperlukan. Mereka juga diberi hak sebagai pengawas, supervisor dan motivator terhadap jalannya proses kegiatan pembelajaran di sekolah. Selain itu, wali murid juga diberi kewenangan untuk berpartisipasi dalam mengembangkan SDIT Nurul Huda.

Guna mendukung pemberlakuan kurikulum terpadu, SDIT Nurul Huda juga selektif dalam rekruitmen guru. “Selain harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidangnya, guru juga dituntut kreatif dan inovatif dan berani capek. Hal ini berkaitan dengan harapan wali murid yang mendambakan pendidikan yang terbaik bagi putra-putrinya, sehingga guru dituntut untuk kreatif dan selalu inovatif dalam merencanakan dan melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar,” tambahnya.

Kualitas alumni juga menjadi perhatian khusus. Sebagai upaya meningkatkan kualitas para calon alumni, SDIT Nurul Huda melaksanakan pelatihan AMT tingkat dasar secara rutin tiap tahunnya. Calon alumni mendapatkan berbagai materi diantaranya kepemimpinan, retorika, manajemen konflik, metode belajar efektif, manajemen organisasi dari para trainer.

“Kami berharap, alumni SDIT Nurul Huda memiliki kompetensi yang lebih sebagai bekal melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya. Selain itu, mereka diharapkan mampu mengembangkan ilmu yang telah didapat pada masyarakat,” tandasnya. Sumber: Radar Banyumas.

Tags: ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42