Logo kotaperwira.com

SD Negeri Purbalingga Lor 1 Berbenah Menuju RSBI

Kota – SD Negeri 1 Purbalingga Lor (Galor) saat ini terus berbenah untuk menuju rintisan sekolah berstandar internasional (RSBI). Karena itu sekolah berusaha memaksimalkan semua potensi yang dimiliki siswa agar bisa berprestasi hingga tingkat internasional.

Kepala SD Rachma Suswanti menga­takan, untuk meningkatkan prestasi siswa, pihaknya tidak segan-segan merekrut guru dari luar.

“Seperti musik, drumband, catur, rebana, teknologi informasi, bahkan cabang olahraga panahan kami ambil dari luar,” katanya.

Anak-anak setiap Senin-Kamis pulang pukul 14.00 untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sesuai bakat dan minat. Sedangkan Sabtu diadakan rebana dan baca tulis Alquran.

“Kami ingin anak mempunyai multi talenta. Kami menjaring siswa dalam berbagai kecerdasan, bukan hanya akademik,” tandasnya.

Tak heran berkat tekad tersebut, sudah banyak siswa sekolah yang berada di Jalan Pujowiyoto itu yang menorehkan prestasi. Seperti masuknya salah satu siswa, M Lutfi Ali dalam pelatnas catur di Jakarta untuk persiapan maju di tingkat internasional.

Prestasi

Ada pula Sabrina yang juga maju lomba catur di tingkat nasional tahun 2010 lalu. Kemudian Karunia Indah Diniyati yang juara lomba mengarang tingkat nasional. Dalam Popda tingkat Kabupaten 2011 ini juga beberapa medali emas bisa diraih siswanya.

“Untuk model pembelajaran, kami sudah bekerja sama dengan SMPN 1 Purbalingga yang sudah RSBI. Tujuannya untuk menyiapkan guru dan siswa kelas 6 agar tidak kaget dengan model pembelajaran di RSBI SMP. Semua guru kelas kami sertakan karena kelas 6 itu ditopang dari kelas di bawahnya,” ujarnya.

Salah satu kendala yang ditemui untuk menuju RSBI adalah sarana prasarana. Rachma berencana untuk merehab sekolah tetapi sebagian bangunan sekolah ternyata termasuk benda cagar budaya peninggalan penjajahan Belanda. Karena itu pihaknya tidak mendapat DAK pendidikan.

Sumber : Suara Merdeka

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42