Logo kotaperwira.com

Satlantas Polres Purbalingga Pasang Spanduk Peringatan

Tekan Angka Kecelakaan

PURBALINGGA – Dalam rangka Operasi Zebra, Satlantas Polres Purbalingga kembali melakukan terobosan untuk menekan angka kecelakaan. Mereka memasang spanduk larangan berkendara bagi anak di bawah umur di beberapa titik.

Kapolres Purbalingga, AKBP Ferdy Sambo melalui Kasat Lantas, AKP Wahono mengatakan pemasangan spanduk itu berawal dari keluhan masyarakat kepada Kapolres perihal banyaknya anak di bawah umur yang mengendarai sepeda motor dan terjadi kecelakaan di daerah pedesaan.

“Sebagai pencegahan, kita lakukan pemasangan spanduk yang bertuliskan ‘Anak di Bawah Umur Dilarang Mengendarai Sepeda Motor, Kecelakaan Didominasi Anak-anak/Pelajar’,” katanya.

Adapun pemasangan dilakukan di perempatan Terminal Bus Purbalingga, perempatan Sirongge, perempatan Karangkabur dan perempatan Babakan serta di dealer motor Kompo Motor.

“Kami mengajak dealer motor untuk ikut mengedukasi pembeli agar anak mereka yang masih di bawah umur tidak mengendarai sepeda motor. Angka kecelakaan di Purbalingga tergolong tinggi. Kecelakaan itu didominasi oleh sepeda motor dengan korban anak-anak,” katanya.

Kanit Laka, Ipda Galuh Pandu Pandega Ferdiansah mengatakan, 14 hari sebelum pelaksanaan Operasi Zebra, ia mencatat terjadi 22 kecelakaan dengan korban tewas 4 orang. Adapun hingga 7 hari pelaksanaan operasi tersebut, terjadi 7 kecelakaan dengan korban luka ringan. “Indikatornya adalah selama operasi berlangsung, angka kecelakaan tidak lebih dari 14 hari sebelum operasi,” katanya.

Sementara itu, Kanit Regident, Iptu SS Udiono mengatakan, jumlah sepeda motor di Purbalingga setiap bulannya selalu bertambah. Ia mencatat, paling tidak 1.250 sepeda motor baru keluar dari dealer. “Jumlah itu belum ditambah dengan kendaraan yang sudah ada dan yang datang dari daerah lain,” katanya.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42