Logo kotaperwira.com

Sanaya-Isnaya, Kembar Siam Asal Bukateja Siap Dioperasi

Semarang – Tim medis RSUP Dr Kariadi memutuskan jadwal operasi pemisahan bayi kembar siam asal Purbalingga, Sanaya dan Isnaya, 8 bulan, Sabtu (13/8) pekan depan.

Direktur Medik dan Pelayanan RSUP Dr Kariadi Bambang Sudarmanto mengungkapkan bahwa bayi kembar siam tersebut telah siap menjalani operasi pemisahan. “Dari segi umur cukup, kondisi mencakup perkembangan dan pertumbuhan bayi kembar siam tergolong normal,” kata Bambang kemarin. Berat badan bayi masingmasing mencapai 6,4 kg dan panjang sekitar 64 cm. Pihak rumah sakit sudah menyiapkan alat-alat medis dan nonmedis yang akan digunakan untuk operasi.

“Operasi pemisahan dilakukan oleh 30 dokter dan 16 dokter ahli di bidangnya. Seperti bedah anak, bedah plastik, bedah digestif, dan sebagainya. Sedangkan total keseluruhan tim mencapai 70 orang,” ujarnya. Alat medis sudah dipersiapkan, yakni alat canggih sejenis pisau untuk memotong liver, serta sejumlah alat lainnya. Adapun peralatan nonmedis meliputi obat-obatan, nutrisi, kamar bedah, serta ruang rawat pasca operasi yaitu Pediatric Intensif Care Unit (PICU). “Kesiapan tim medis akan semakin dimatangkan dalam simulasi pada H-2 yaitu Kamis (11/8). Petugas yang bertugas harus steril supaya bayi kembar siam tidak tertular,” paparnya.

Sementara itu, orang tua bayi kembar siam Tatang dan Haryanti menambahkan, kondisi buah hatinya sangat aktif dalam merespons lingkungan sekitarnya. “Keduanya sudah bisa tengkurap, lalu sudah diajak bercanda dan memberikan respons senyuman,” ujar Tatang, yang kini bekerja sebagai petugas kebersihan di RSUP Dr Kariadi.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42