Logo kotaperwira.com

Rutan Purbalingga dan Rubasan Purbalingga Ditarget Bebas Pungli

Semarang – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jateng mencanangkan program bebas korupsi di delapan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Hal itu sebagai percontohan awal, yang selanjutnya akan diikuti Lapas lain. Kedelapan Lapas tersebut diantaranya, Lapas Wanita Bulu Semarang, Lapas Pekalongan, dan Rumah Tahanan Purbalingga.

Tak ketinggalan, Rumah Barang Sitaan Negara Purbalingga dan Balai Pemasyarakatan Semarang juga ditargetkan untuk bebas korupsi. Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Widi Asmoro mengatakan, ada dua hal yang menjadi fokus program tersebut. Pertama adalah penghapusan pungutan liar. Kedua, penempatan dan pemberian fasilitas khusus bagi narapidana ataupun tahanan.

“Program ini untuk menghilangkan stigma masyarakat tentang korupsi yang terdapat di dalam Lapas,” kata Widi usai melantik pejabat baru di lingkungan Kanwil Kemkumham Jateng, Rabu (30/11). Program resmi dilaksanakan mulai tanggal 16 Desember 2011 mendatang.

Sedangkan, pejabat baru yang dilantik kemarin adalah Kepala Divisi Pemasyarakatan Jateng Djoko Setyono, menggantikan Kristiadi yang memasuki masa pensiun. Selain itu, ada Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Jateng, M Arifin HA, menggantikan Agusta Emble. Agusta menduduki jabatan baru sebagai Kepala Pusat Pengembangan Kepemimpinan dan Manajemen Kemkumham Jateng.

Sebagai pejabat baru, Djoko Setiyono akan turun langsung mengecek kondisi lapangan. Hal ini dinilai perlu untuk mengambil kebijakan ke depan termasuk usulan fokus wilayah bebas korupsi tersebut. Widi menandaskan, pihaknya tidak akan segan memberikan sanksi kepada petugas yang korup. Pemberian sanksi itu akan dikaitkan dengan jabatan dan administrasi setiap petugas.

Tags: , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42