Logo kotaperwira.com

Ruas Jalan Desa Karanggedang Kabupaten Purbalingga Amblas

Purbalingga – Hujan deras sepanjang malam Rabu (9/11) menjadi pemicu amblesnya ruas jalan sepanjang 25 meter di Desa Karanggedang Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah.

Ruas jalan sepanjang 25 meter di Desa Karanggedang Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah, ambles, mengakibatkan lobang besar sedalam 12.5 meter lebar 9 meter. Hujan deras sepanjang malam Rabu (9/11) sekitar pukul 22.00 WIB menjadi pemicu amblesnya akses jalan di empat desa kecamatan setempat.

Jalan Desa Karanggedang Karanganyar Purbalingga

Ruas Jalan Desa Karanggedang Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga Amblas

Saat ini untuk menuju jalan utama Desa Karanganyar, warga di Desa Kabunderan, Lumpang, Brakas dan Buara harus memutar melewati Desa Ponjen.

Kades Karanggedang Krusmiarto, Kamis (10/11) mengatakan, hujan deras sepanjang Rabu malam mengakibatkan bahu jalan pada ruas jalan Banjarsari-Buara itu ambles. “Namun hujan bukan satu-satunya pemicu. Di bawah permukaan tanah kita temukan saluran air yang telah masuk ke dalam gorong-gorong menyebabkan rongga yang cukup dalam, persis di bawah ruas jalan tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, gorong-gorong itu masih mengalirkan air pada zona longsoran sehingga dikhawatirkan bila hujan turun lagi dengan intensitas yang sama akan mengakibatkan kerusakan yang lebih besar.

Sementara, Ketua Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga, Priyo Satmoko mengatakan, Pemkab akan segera memperbaiki kerusakan, khususnya pembangunan pada zone longsoran. “Gorong-gorong yang rusak itu harus segera dibangun lagi agar air tidak masuk lagi ke zona longsoran. Dengan pembuatan talud pengaman,” jelasnya.

Tags: , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42