Logo kotaperwira.com

Ribuan Ikan Ditebar Guna Selamatkan Sumber Daya Sungai di Purbalingga

Purbalingga – Sedikitnya 15 ribu benih ikan berbagai jenis, Selasa (3/5) ditebar di perairan umum Sungai Bodas di Desa Bodas Karangjati, dan Sungai Gintung Desa Bantarbarang, keduanya di Kecamatan Rembang. Penebaran ikan dilakukan oleh Bupati Drs H Heru Sudjatmoko, M.Si dan jajaran Muspida Purbalingga, serta Ketua Tim Penggerak PKK.

Kepala Bidang Perikanan pada Dinas Peternakan dan Perikanan, Siswanto, S.Pt, M.Si disela-sela acara penebaran mengemukakan, pihaknya secara rutin melakukan kegiatan penebaran ikan sebagai upaya pemanfaatan perairan sungai sebagai penghasil ikan bagi masyarakat. “Penebaran ikan ini juga sekaligus sebagai upaya penyelamatan sumber daya sungai dari kerusakan yang disebabkan oleh manusia maupun oleh pencemaran,” kata Siswanto.

Tebar Benih Ikan di Purbalingga

Bupati Menebar Benih Ikan di Rembang, Purbalingga

Dijelaskan Siswanto, benih ikan yang ditebar terdiri dari jenis ikan nila sebanyak 6 ribu ekor ikan nilem 8 ribu, dan ikan tawes sebanyak 1.000 ekor. “Selain kegiatan penebaran benih ikan di perairan umum, kami juga memberikan bantuan stimulan benih lele sebanyak 5 ribu ekor untuk kelompok pembudidaya ikan di Desa Bodaskarangjati,” kata Siswanto.

Sementara itu, Bupati Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko, M.Si meminta kepada warga masyarakat khususnya yang tinggal di sepanjang aliran sungai dan yang mengandalkan penghasilan sebagai nelayan sungai untuk ikut menjaga kelestarian ikan dan juga penyelamatan sungai. “Ikan yang ditebar biarkan berkembang dulu. Jangan terus ditangkap, apalagi menggunakan strum. Kelak kalau sudah besar dan berkembang banyak, hasilnya juga dinikmati oleh warga masyarakat dan nelayan sungai,” kata Bupati Heru.

Purbalinggakab

Tags: , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42