Logo kotaperwira.com

Rencana Dana Renovasi Pasar Bobotsari Hingga 30 Miliar

Kembali Diusulkan ke Pemerintah Pusat

BOBOTSARI – Rencana renovasi pasar Bobotsari kecamatan Bobotsari yang bergulir sejak beberapa tahun lalu masih belum terealisasi. Kabarnya, Pemkab Purbalingga melalui rekomendasi Gubernur akan mengusulkan ulang rencana itu ke pemerintah pusat.

Hal itu dikatakan Ketua Komisi II DPRD Purbalingga, Sunarto, kemarin. Dia mengatakan, rekomendasi dari Gubernur Jateng sudah turun dan segera dilampirkan untuk memenuhi persyaratan usulan renovasi itu. Rencananya, renovasi pasar Bobotsari bakal menelan dana hingga Rp 30 miliar

“Dana itu dibagi tiga, yaitu pusat sebesar Rp 15 miliar, provinsi Rp 15 miliar dan kabupaten Rp 5 miliar. Semakin tinggi kesanggupan pemkab dalam mendukung dana itu, maka bantuan yang akan diterima semakin besar,” katanya.

Pihaknya menghimbau agar para pedagang di pasar Bobotsari agar bersabar menunggu hasil pasti. Angka Rp 30 miliar yang diusulkan kembali itu belum mendapatkan kepastian. Jadi masih wacana dan rencana dan belum ada jawaban.

“Pedagang tak usah termakan kabar yang bukan dari sumber yang berkaitan langsung dengan pasar. Yang jelas, itu sedang diurus. Sejumlah syarat sudah masuk seperti ketersediaan lahan. Pasar itu berdiri di lahan milik pemkab,” tambahnya.

Sunarto mengakui, penanganan renovasi Pasar Bobotsari memang cukup komplek. Selain soal dana, Pemkab juga harus memikirkan para pedagang yang harus dipindah sementara saat renovasi berjalan. Penetapan lokasi sementara yang representatif dan tidak merugikan pedagang harus segera dipikirkan.

Hal yang tak kalah penting yaitu sosialisasi. Idealnya, sosialisasi dilaksanakan minimal 5 kali sebelum renovasi dilakukan. Jangan sampai pedagang ditaruh ditempat yang tak strategis. Karena, hal itu bisa menimbulkan masalah baru. “Renovasi bisa memakan waktu lebih dari 6 bulan, pedagang mau ditaruh dimana. Ini harus dipikirkan. Kemudian jangan sampai jalan raya utama ditutup untuk lokasi berdagang,” katanya.

Sementara itu, sebelum direnovasi, pasar Bobotsari juga akan diperbaiki sementara pada beberapa atap dan bagian lainnya di dalam pasar. Kegiatan itu sudah diusulkan dalam perubahan APBD 2012 ini sebesar Rp 200 juta. Radar Banyumas

Tags: ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42