Logo kotaperwira.com

RBM PNPM Mandiri Perdesaan Gelar Workshop Kedua

Purbalingga – Ruang Kegiatan Belajar Masyarakat (RBM) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan, menggelar Workshop II di ruang pertemuan Rumah Makan Joglo Purbalingga, Senin (31/10). Workshop dengan agenda memaparkan program kerja kelompok (Pokja) RBM.

Sekretaris RBM Sumbodo mengemukakan, workshop ke-II merupakan tindak lanjut dari workshop I bulan September silam dengan agenda pembentukan kepengurusan dan pembagian kelompok kerja. “Workshop kali ini untuk memaparkan program kerja masing-masing kelompok kerja (Pokja),” kata Sumbodo.

Menurut Sumbodo, RBM pada dasarnya sebagai sarana untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam hal partisipasi dalam pembangunan. Kegiatan RBM ini sekaligus sebagai pemenuhan hak dasar rakyat dalam pelaksanaan pembangunan.

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Bapermasdes) Kabupaten Purbalingga Imam Wahyudi, SH, M.Si ketika membuka workshop mengatakan, program PNPM sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam peningkatan kesejahteraannya. Program PNPM Purbalingga bersama dua kabupaten lain yakni Bantul dan Lamongan dinilai paling efektif. “Hanya saja, PNPM di Purbalingga dinilai masih terlalu menonjol peran birokrasinya. Hal ini tentunya yang perlu dibenahi agar peran masyarakat lebih menonjol,” kata Imam Wahyudi.

Imam wahyudi juga menegaskan, PNPM pada dasarnya bukan sebagai proyek, tetapi untuk menanggulangi kemiskinan melalui pemberdayaan pada masyarakat. “PNPM bukan keproyekan, tetapi pemberdayaan masyarakat, sejak tahap awal hingga akhir program,” kata Imam Wahyudi.

Tags: , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42