Logo kotaperwira.com

Ratusan Warga Desa Arenan Desak Ijin Tambang Ditinjau Kembali

Purbalingga – Lebih dari 200 orang warga Desa Arenan Kecamatan Kaligondang menggeruduk lahan galian C atau tambang pasir dan batu di wilayah Dusun 3, Sabtu (26/11) kemarin. Mereka meminta perijinan tambang ditinjau kembali dan alat berat pergi dari lokasi tambang. Pasalnya, keberadaan penambangan itu dinilai merusak lingkungan dan kurang melibatkan warga.

Sekitar pukul 09.00 warga sudah berkumpul di sekitar lokasi tambang. Jumlah warga terus bertambah hingga siang harinya. Mereka terdiri dari buruh tambang hingga masyarakat umum serta warga lainnya. Mereka bergerak menuju rumah kades Esti Dwi H untuk menjemput operator alat berat jenis backhooe yang kabarnya ada di rumah kepala desa.

Menggunakan sekitar 3 truk dan 2 unit kendaraan bak terbuka, mereka berduyun- duyun memadati halaman rumah kades. Mereka menyampaikan permohonan agar lahan tambang harus dikembalikan ke desa dan jangan diperuntukkan ijin bagi pribadi.

“Kami tak pernah merasa tanda tangan dan tiba-tiba saja ada dalam berkas tanda tangan warga yang menyetujui ijin tambang dikelola seseorang, yaitu suami dari Kepala Desa Arenan. Kami juga tak pernah diajak rembug terkait penggunaan alat berat yang merusak lingkungan sungai Gintung di desa kami,” kata sejumlah warga bersahutan.

Saat mengetahui operator alat berat ada di rumah kades, warga mengarak sopir itu untuk mengemudikan alat berat di sungai agar naik dan segera meninggalkan desa mereka. Aparat kepolisian yang datang ke lokasi juga sempat mendampingi hingga alat berat di tarik ke jalan raya yang jaraknya mencapai lebih dari 2 kilometer dengan medan yang susah.

Tags: , ,
Source: Radar Banyumas

Leave a Reply

close(x)
Pasang Iklan