Logo kotaperwira.com

Purbalingga Targetkan Pengiriman 30 KK Transmigran

PURBALINGGA – Tahun 2012 ini, Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Purbalingga menargetkan pemberangkatan 30 Kepala Keluarga (KK) dalam program transmigrasi.

Artinya, tidak ada kenaikan jumlah target pemberangkatan warga di banding tahun lalu. Pun demikian dengan tujuan pemberangkatan warga dalam program transmigrasi dari Purbalingga tersebut.

Tahun 2011 silam, kata Kepala Dinsosnakertrans, Ngudiarto, pihaknya telah mengirimkan 15 KK ke Desa Puncak, Kabupaten/ Provinsi Gorontalo dan 15 KK ke Desa Sie Mata Mata, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat.

“Desa Puncak tidak mengecewakan, kami sudah mengecek kesana. Cocok untuk masyarakat Purbalingga,” ujar Ngudiarto kepada Suaramerdeka.com.

Ngudiarto mengemukakan, selama 2005 sampai 2010, sudah ada 185 KK atau 675 jiwa yang sudah ikut program transmigrasi. “Tidak pernah ada yang sudah berangkat, terus pulang semuanya,” kata dia.

Syarat menjadi transmigran, ucapnya, tergolong mudah. Di antaranya, berkeluarga, minimal SD atau sederajat, berusia 18-50 tahun, punya kemampuan dan keinginan untuk bekerja keras.

“Tapi tahun ini, kami agak sedikit menekankan syarat pendidikan. Biar mereka bisa lebih berkembang di luar daerah. Meski lulusan SD saja diterima,” imbuh dia.

Tags: , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42