Logo kotaperwira.com

Purbalingga Raih Tiga Penghargaan dari Gubernur Jateng

Purbalingga – Bupati Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko M.Si menerima tiga penghargaan sekaligus pada upacara peringatan HUT Jateng ke-61 di halaman kantor Gubernur Jawa Tengah di Semarang, Senin (15/8). Ketiga penghargaan itu masing-masing dua penghargaan Lomba Keserasian Antar Program dan satu penghargaan sebagai bupati yang berpihak pada pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah di provinsi Jawa Tengah. Untuk Lomba Keserasian Antar Program, Purbalingga menjadi yang terbaik di bidang pertanian dan bidang sinkronisasi pembangunan.

Usai menerima penghargaan, Bupati menyatakan bersyukur karena dalam peringatan HUT Jateng, kabupaten yang dipimpinya mampu ikut berperan dalam pembangunan di Jateng. Apalagi dua bidang yang dilombakan dinyatakan baik diantara 35 kabupaten lainnya di Jateng. “Harapannya, penghargaan ini bisa menjadi pemacu bagi bidang pembangunan lainnya agar sejalan dengan program bapak Gubernur Bibit Waluyo, Bali Ndeso Mbangun Deso,” ungkap Heru.

Penghargaan lainnya diberikan kepada Walikota Semarang, Bupati Banyumas dan Bupati Pemalang. Selain penghargaan lomba keserasian antar program, gubernur juga menyerahkan sejumlah penghargaan lainnya kepada sejumlah bupati dan kelompok masyarakat berprestasi di Jateng.

Gubernur Jateng Bibit Waluyo menuturkan, dalam usianya yang ke-61, Jawa Tengah diharapkan semakin mantap dalam pemberdayaan potensi yang dimiliki. Hal ini menurut gubernur, agar Jateng lebih maju dan sejahtera ekonominya. Jateng kedepan juga diharapkan lebih mantap ideologi, politik dan pembangunannya. “Saya berharap semua meningkatkan kinerja masing-masing sesuai strata dan esselon tugas kita. Semua harus mengarah menuju masyarakat Jateng yang semakin sejahtera,” tandas Gubernur.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Bibit Waluyo juga mencanangkan Jawa Tengah sebagai “Bentengnya Pancasila dan Basis Pembangunan“. Pencanangan ditandai dengan ikrar masyarakat Jawa Tengah yang berisi 5 komitmen negara. Ke-lima komitmen itu : pertama, mengamalkan Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kehidupan sehari-hari ; kedua, menjadikan UUD 1945 sebagai landasan konstitusional dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara ; ketiga, mengibarkan bendera merah putih sebagai lambang kesucian untuk berani membela dan menengakkan kebenaran ; keempat, menjadikan semboyan bhinneka tunggal ika sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa, dan kelima, menjaga negara kesatuan republik indonesia dengan memperkuat kerjasama yang dijiwai dengan semangat gotong royong dan menjauhkan diri dari tindak kekerasan, polemik dan konflik.

“Tadi saya canangkan Jawa Tengah sebagai bentengnya Pancasila. Karena Pancasila memang harus terus kita jaga dan kita lestarikan sebagai ideologi atau pedoman hidup bangsa Indonesia. Khususnya di Jawa Tengah ini, saya berharap terus ditumbuhkembangkan dari waktu ke waktu,” katanya.

Rangkaian acara upacara HUT Jateng, diakhiri dengan pelepasan 35 mobil unit penerangan “Bentengnya Pancasila” ke kabupaten/kota se-Jawa Tengah. Pemprov Jateng juga membagikan materi CD audio “Jateng Bentengnya Pancasila” untuk kegiatan sosialisasi di daerah.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42