Logo kotaperwira.com

Purbalingga Raih Penghargaan Amubhawa Sasana Desa dari Kemkumham

PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko menerima penghargaan Amubhawa Sasana Desa (ASD) dari Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (HAM) RI. Penghargaan diberikan karena jasa-jasanya membina dan mengembangkan Desa Serang, Kecamatan Karangreja, dan Desa Onje, Kecamatan Mrebet sebagai desa sadar hukum.

Penghargaan disampaikan oleh Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin di Gedung Grhadika Bhakti Praja, Kompleks Gubernuran Jateng, Rabu (5/12).

Kepala Bagian Hukum dan HAM Setda Purbalingga Tri Gunawan mengungkapkan, Bupati Purbalingga menjadi salah satu dari 12 bupati/walikota di Jateng yang menerima penghargaan tersebut.

“Pada acara tersebut juga diresmikan 120 desa sadar hukum yang tersebar di 12 kabupaten, termasuk Purbalingga yang meliputi Desa Serang, Karangreja dan Desa Onje, Kecamatan Mrebet,” kata Tri Gunawan, Kamis (6/12).

Dijelaskan, suatu desa ditetapkan sebagai Desa Sadar Hukum apabila memenuhi lima kriteria yang ditetapkan oleh Kemenkum dan HAM. Kriteria tersebut yakni pelunasan kewajiban pajak bumi dan bangunan (PBB) mencapai 90 persen atau lebih, tidak terdapat perkawinan di bawah umur berdasar ketentuan UU Nomor 1/1974, angka kriminalitas rendah, dan kasus narkoba rendah. Kemudian tingginya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan.

“Pemkab Purbalingga terus berupaya untuk meningkatkan budaya hukum melalui penyuluhan hukum yang terpola dengan dua cara yakni penyuluhan untuk terwujudnya pengetahuan masyarakat tentang hokum, dan penyuluhan untuk terwujudnya perilaku masyarakat taat hukum,” katanya.

Tags: , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42