Logo kotaperwira.com

Purbalingga Jadikan 2013 Tahun Pembangunan

PURBALINGGA – Ketua DPRD Purbalingga, Tasdi mengusulkan agar Bupati Heru Sudjatmoko dan Wabup Sukento Ridho Marhaendrianto harus berani mencanangkan tahun 2013 adalah tahun pembangunan. Hal tersebut didasari karena di tahun tersebut Dana Alokasi Umum (DAU) mengalami kenaikan hingga berjumlah Rp 719 Miliar.

“Jumlah tersebut melebihi DAU Tahun sebelumnya yang berjumlah Rp 460 Miliar. Berarti ada kenaikan sebesar 259 Miliar,” katanya.

Tasdi menyampaikan bahwa di tahun anggaran 2012 Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Purbalingga mengalami kenaikan hingga berjumlah Rp 101 Miliar. Dari tahun ke tahun menurutnya jumlah PAD terus merangka naik. Tahun 1999, PAD Purbalingga masih Rp 2,6 Miliar.

“Kondisi ini menunjukkan adanya kenaikan yang signifikan. Kami memberikan respek dan mengucapkan selamat kepada jajaran pemerintah daerah,” paparnya.

Kendati demikian pihaknya tetap berharap agar peningkatan PAD perlu terus dilakukan di tahun-tahun berikutnya. Pasalnya ada sejumlah potensi PAD yang belum digarap secara optimal. Diantaranya dari sejumlah sektor retribusi, seperti retribusi tower menara seluler.

“Selain itu PAD juga bisa digenjot dari dana perimbangan,” tuturnya.

Tasdi menambahkan ada sejumlah masalah yang di tahun 2013 harus dibenahi. Masing-masing masalah angka pengangguran, tingkat kemiskinan serta minimnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Purbalingga. Selain itu juga masih adanya kesenjangan pembangunan antar wilayah.

Tags: ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42