Logo kotaperwira.com

Purbalingga Bakal Jadi Sentra Ikan Hias di Jateng

PURBALINGGA – Pembangunan depo ikan hias di Purbalingga digadang-gadang menjadi pendukung misi Dinas Peternakan dan Perikanan (Dinnakan) Kabupaten Purbalingga untuk menjadikan Purbalingga sebagai sentra usaha ikan hias terbesar di Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan oleh Siswanto selaku Kabid Perikanan Dinas Peternakan dan Perikanan (Dinnakan) Kabupaten Purbalingga, Selasa (24/7/2012).

Menurut Siswanto, di wilayah Jateng belum ada kabupaten atau kota yang menjadi sentra penghasil ikan hias. Oleh karena itu, pembangunan depo ikan hias tersebut dapat menjadi pendukung misi pemerintah untuk menjadikan Purbalingga sebagai sentra ikan hias.

“Untuk jangka waktu dekat, paling tidak kita bisa menyetop pasokan ikan hias dari Tulungagung dengan adanya depo ikan hias tersebut,” tutur Siswanto.

Saat ini, pusat ikan hias di Indonesia berada di Bogor (Jabar) dan Tulungagung (Jatim). Dari dua sentra wilayah ini, kebutuhan berbagai jenis ikan hias di Indonesia bahkan ekspor dicukupi. Sedangkan ikan hias yang dibudidayakan dan banyak digemari konsumen adalah koki, lobster cupang, manfish, platish, ikan komet dan jenis lainnya.

Siswanto sendiri mengaku optimis pengembangan ikan hias di Purbalingga akan bisa terwujud dengan dukungan sumberdaya alam dan lahan yang tidak berbeda jauh dengan kondisi di Tulungagung. Untuk itu, pihaknya akan terus memberikan motivasi dan dukungan sarana serta prasarana kepada para pembudidaya ikan hias

“Kami sangat yakin ke depan Purbalingga akan menjadi sentra ikan hias yang diperhitungkan wilayah lain, saat ini paguyuban pembudidaya ikan hias mulai merintis membuka semacam depo kecil di kompleks wisata ikan air tawar Purbasari Pancuranmas di Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara, Purbalingga,” pungkasnya.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42